Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Ikuti Instruksi PCNU Gresik, Masjid Agung Gresik Tiadakan Salat Jumat

Pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan, salah satunya dengan meniadakan Salat Jumat di Masjid Agung Gresik

Penulis: Sugiyono | Editor: irwan sy
sugiyono/surya
Pengumuman salat Jumat ditiadakan dari pengurus Masjid Agung Gresik, Jumat (27/3/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Gresik terus dilakukan. Salah satunya dengan meniadakan jamaah Salat Jumat di Masjid Agung Gresik, Jumat (27/3/2020).

Pengumuman sholat Jumat ditiadakan itu terpasang di papan pengumuman Masjid Agung Gresik. Dalam pengumuman itu bertuliskan 'Pengumuman, mencegah penyebaran virus corona, untuk sementara waktu, Salat Jumat di masjid Agung Gresik ditiadakan'.

Selain itu, di sekitar Masjid Agung Gresik juga diberi sarana tempat cuci tangan beserta sabunnya. Takmir masjid juga memberlakukan jamaah yang melakukan sholat berjamaah untuk mengikuti anjuran aman dari penyebaran virus corona, yaitu dengan menjaga jarak minimal 1 meter dan selesai salat juga dilarang untuk bersalaman.

Dari pengumuman yang disampaikan Ketua Umum Masjid Agung Gresik, Ahmad Misbahul Abidin, menganjurkan jamaah masjid untuk mencuci tangan menggunakan hand sanitizer setiap masuk dan keluar masjid.

Peniadaan jamaah Salat Jumat tersebut membuat beberapa masyarakat berbalik arah tidak jadi masuk area masjid.

Masyarakat kembali keluar untuk mencari masjid yang melaksanakan Salat Jumat.

Peniadaan Salat Jumat itu juga sesuai dengan surat instruksi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, yang dikeluarkan pada Kamis (26/3/2020).

Bahwa, di saat Gresik dinyatakan zona merah oleh pemerintah, maka kegiatan Jamaah NU seperti tahlilan, manaqib dan dhiba'an dilaksanakan di rumah masing-masing, termasuk salat Jumat tidak dilaksanakan namun wajib salat dhuhur di rumah masing-masing.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved