Berita Mojokerto

Genjot Perekonomian, Disparpora Mojokerto Siapkan Promosi Paket Wisata Alam dan Wisata Budaya

Disparpora Mojokerto telah menyusun strategi untuk mendongkrak perekonomian disektor pariwisata yang sempat lumpuh akibat dampak merebaknya corona.

SURYA.co.id/Mohammad Romadoni
Suasana di kawasan wisata Air Terjun Dlundung, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, tampak lengang akibat dampak merebaknya Covid-19. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto telah menyusun strategi untuk mendongkrak perekonomian disektor pariwisata yang sempat lumpuh akibat dampak merebaknya Covid-19.

Strategi khusus itu dipersiapkan sebagai upaya mencapai target pendapatan asli daerah di sektor pariwisata yaitu senilai Rp.14,5 miliar tahun anggaran 2020.

Kepala Disparpora Pemkab Mojokerto, Amat Susilo mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta untuk mendatangkan banyak wisatawan agar mengunjungi objek wisata di Mojokerto. Ini dilakukannya untuk
mengejar ketertinggalan penurunan pendapatan di sektor pariwisata karena terdampak Virus Corona.

"Nanti kalau sudah dibuka kita akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah untuk merekomendasikan agar liburannya jangan sampai ke luar daerah tapi lebih baik mengunjungi tempat pariwisata di daerahnya," ungkapnya, Jumat (27/3/2020).

Ia mengatakan pihaknya mempersiapkan fasilitas kendaraan angkutan bus secara gratis untuk menggaet wisatawan agar mengunjungi tempat wisata lokal yang dikelola oleh pemerintah daerah. Pihaknya optimistis dengan banyaknya wisatawan tersebut diharapkan mampu menstimulasi perekonomian pariwisata di Kabupaten Mojokerto.

"Pemkab Mojokerto siap memfasilitasi dua bus bebas operasional untuk dipakai berwisata di objek wisata lokal," jelasnya.

Masih kata Susilo, Disparpora juga akan memberikan potongan harga khusus retribusi tiket masuk pada rombongan paket wisata budaya dan wisata alam. Paket wisata budaya itu meliputi tujuan ke objek wisata di Trowulan long trip disambung dengan wisata alam di Ubalan Pacet.

"Kami berikan diskon sebesar 25 persen khusus wisata budaya dan wisata alam di Kabupaten Mojokerto," ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga akan berupaya mencari cara lain untuk
memaksimalkan pendapatan disektor pariwisata sesuai target. Namun apabila situasi tidak memungkinkan maka pihaknya terpaksa
mengajukan penurunan target pendapatan disektor pariwisata kepada Bupati Mojokerto, Pungkasiadi.

"Saya berupaya untuk target jika tidak memungkinkan kami akan melakukan pengajuan penurunan target pendapatan pariwisata ke Bupati lalu dibahas dengan tim anggaran saat momen PAK (Perubahan Anggaran Keuangan)," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved