Travel

Dampak Corona, Ada 7 Perjalanan KA Surabaya-Jakarta yang Dibatalkan Hingga 30 April 2020

Total ada sebanyak 7 KA tujuan Jakarta yang pihaknya telah tiadakan perjalanannya.

tribun jatim/fikri firmansyah
Suasana keramaian penumpang di Stasiun Gubeng Surabaya, pada bulan Februari 2020 atau sebelum masuknya virus corona di Indonesia. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Imbas menyebarnya virus corona di Indonesia, tercatat bulan Maret hingga akhir April 2020, terdapat tujuh Kereta Api (KA) dari Surabaya tujuan Jakarta yang perjalanannya ditiadakan

"Guna meminimalisir masuknya virus corona ke Jawa Timur, maka pihak kami telah meniadakan sejumlah perjalanan KA dari Surabaya tujuan Jakarta ataupun sebaliknya," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Jumat (27/3/2020) di Stasiun Gubeng Surabaya.

Ia menjelaskan, total ada sebanyak 7 KA tujuan Jakarta yang pihaknya telah tiadakan perjalanannya.

Untuk rinciannya dikatakan Suprapto, pertama ada KA Sembrani (KA81/KA82) relasi Stasiun Surabaya pasar Turi - Gambir/PP dan KA Gumarang (KA133/KA134) relasi Stasiun Pasar Turi - Stasiun Pasar Senen /PP.

"Untuk kedua KA tersebut (KA Sembrani dan KA Gumarang) sudah berlaku sejak 26 Maret 2020 kemarin atau merupakan masuk periode pembatalan KA tahap pertama (26 Maret-30 April)," tambahnya.

Sedangkan, untuk KA tujuan Jakarta yang masuk periode pembatalan KA yang tahap kedua (1-30 April), ada KA Gaya Baru malam Selatan (KA111/KA 112) relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen/PP.

Ada pula kebijakan perpendekan relasi KA (1-30 April 2020), di mana artinya Kereta Api masih beroperasi namun diperpendek relasinya, meniadakan yang tujuan Jakarta atau hanya sampai Bandung.

Terkait kebijakan perpendakan itu, lebih lanjut Suprapto menerangkan, KA yang dimaksud meliputi:

KA Argo Wilis (KA plb 1a/ KA plb 2a) yang dimana relasi Sebelumnya Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir/pp, maka kini menjadi Stasiun Surabaya Gubeng - Bandung/pp.

Kemudian, ada KA Mutiara Selatan (Ka plb 103a / KA plb 104a) relasi sebelumnya Malang – Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir/pp, kini menjadi Surabaya Gubeng – Bandung/pp.

Dan ada pula KA Turangga (KA plb 77a/KA plb 78a) relasi Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir/pp, kini menjadi hanya Surabaya Gubeng – Bandung/pp.

Serta KA Malabar (KA plb 107a/ KA plb 108a) relasi Malang – Bandung – Pasar Senen/pp, kini menjadi Malang – Bandung/pp.

"Berkaca dari data kebijakan itu semua, berarti total ada 7 perjalanan Kereta Api (KA) dari Surabaya tujuan Jakarta yang ditiadakan, yang berlaku hingga 30 April 2020," jelasnya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya kebijakan itu pula diharapkannya semoga dapat mencegah penyebaran virus corona di Jatim.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved