Breaking News:

Anjing di Inggris Dilatih Deteksi Orang Gejala COVID-19, di Singapura Uji Virus Corona Butuh 5 Menit

"Pada prinsipnya, kami yakin anjing dapat mendeteksi COVID-19," kata Claire Guest, pendiri dan kepala eksekutif Medical Detection Dogs.

Kolase THINKSTOCKPHOTOS/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi peneliti sedang bekerja di laboratorium dan anjing polisi. 

SURyA.co.id | LONDON - Wabah virus corona masih menjangkiti dunia.  Hingga Jumat (27/3/2020) lebih dari 500.000 kasus virus corona tercatat di 182 negara, dengan 22.920 kematian.

Statistik tersebut didapat menurut perhitungan AFP , berdasarkan data negara resmi dan data dari WHO.

Namun jumlah kasus mungkin sebenarnya lebih banyak, karena beberapa negara hanya menguji kasus parah atau pasien yang memerlukan rawat inap.

Kini, di tengah dunia bergejolak melawan COVID-19, sebuah badan amal di Inggris akan melatih anjing untuk melacak penderita COVID-19 melalui indra penciumannya.

Sebuah lembaga penelitian di sana juga pernah melatih anjing-anjing untuk mendeteksi kanker, maupun parkinson.

Sebelumnya, anjing telah terbukti dapat mengendus malaria, berdasarkan keyakinan bahwa setiap penyakit memicu bau yang berbeda.

Medical Detection Dogs akan bekerja sama dengan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM) serta Universitas Durham, untuk menentukan apakah anjing dapat membantu pelacakan.

Foto ilustrasi anjing ras Belgian Malinois.
Foto ilustrasi anjing ras Belgian Malinois. (Petwave)

Organisasi-organisasi itu mengatakan mereka telah memulai persiapan untuk melatih anjing dalam enam minggu.

Medical Detection Dogs sebelumnya telah melatih anjing untuk mendeteksi penyakit seperti kanker, Parkinson, dan infeksi bakteri dengan mengendus sampel yang diambil dari pasien.

Sebab, anjing dapat mendeteksi perubahan halus pada suhu kulit, membuatnya bisa diberdayakan untuk menentukan apakah seseorang mengalami demam.

Halaman
1234
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved