Surabaya Antisipasi Corona

Penjelasan Pakar Microbiologi Klinik terkait Aktivitas Masyarakat Ramai-ramai Berjemur di Luar Rumah

Di tengah penyebaran virus Covid-19, masyarakat beramai-ramai berjemur di bawah sinar matahari di luar.

Penjelasan Pakar Microbiologi Klinik terkait Aktivitas Masyarakat Ramai-ramai Berjemur di Luar Rumah
surya.co.id/zainel arif
Warga Klampis Semolo Tengah Surabaya melakukan aktivitas berjemur diri di depan rumah, Kamis (26/3/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di tengah penyebaran virus Covid-19, masyarakat beramai-ramai berjemur di bawah sinar matahari di luar.

Mereka beranggapan aktivitas tersebut mampu menangkal virus corona.

Hal itu bukan tanpa alasan karena di saat orang berjemur di bawah sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D untuk sistem kekebalan tubuh, terlebih di tengah wabah Covid-19.

Seperti terlihat di Klampis Semolo Tengah III Surabaya, Kamis (26/3/2020).

Amin warga setempat mengaku menjemur dapat membunuh virus Covid-19, sehingga ia melakukan kegiatan tersebut hampir setiap hari.

"Kalau di luar matahari sedang hangat saya gunakan untuk berjemur di depan, ya sekitar jam 9 pagi atau jam 3 sore, supaya tidak terkena virus Covid-19," kata Amin.

Namun, bagi Stevan aktivitas tersebut diakui hanya sebagai pengusir kejenuhan setelah dua minggu lebih tidak keluar rumah.

"Bosan di kamar terus, jadinya sedikit refreshing dengan menjemur diri seperti ini, tau dari artikel kalau menjemur dapat memberi vitamin D yang baik untuk mencegah virus Covid-19," kata Stevan saat ditemui di depan rumahnya.

Terkait aktivitas tersebut Pakar Microbiologi Klinik Universitas Ciputra Surabaya, Wira Widjaya Lindarto, dr, SpMK menjelasan, sinar matahari mengandung sinar ultra violet dan virus Covid-19 ini bersifat peka terhadap UV.

"Namun bukan berarti berjemur bisa membantu kita terhindar dari virus tersebut," kata Wira saat dihubungi surya.co.id melalui pesawat telepon, Kamis (26/3/2020).

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved