Virus Corona di Surabaya

Pakar Ekonomi Unair Surabaya Bicara Dampak Ekonomi Saat Wabah Virus Corona Menyerang Indonesia

Pakar Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya M Khoerul Mubin S.E.M.Sc mengatakan bahwa wabah covid 19 ini mempunyai banyak pengaruh di sektor ekonomi.

Pakar Ekonomi Unair Surabaya Bicara Dampak Ekonomi Saat Wabah Virus Corona Menyerang Indonesia
SURYA.co.id/Farid Mukarrom
Pakar Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, M Khoerul Mubin S.E.M.Sc saat di wawancarai SURYA.co.id, Kamis (26/3/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pakar Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya, M Khoerul Mubin S.E.M.Sc memprediksi angka pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4% kepada SURYA.co.id.

Khoerul mengatakan, bahwa wabah Covid-19 ini mempunyai banyak pengaruh di sektor ekonomi.

"Pergerakan ekonomi saat ini yang lesu, kemungkinan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya sebesar 4 %," ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Banyak faktor yang mempengaruhi angka pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, seperti kebijakan physical distancing.

"Saat sekolah diliburkan, kantor pemerintahan sebagian tutup dan perusahaan lain juga menutup itu mempengaruhi sektor sekitarnya, entah penjual makanan, minuman dan lain lain," jelasnya.

Produk dari UMKM, tambah Khoerul, sebagian besar kehilangan pasar untuk menjual produk mereka. Sehingga omset dari UMKM menurun sampai 70%.

"Biasanya mereka memasarkan ke sektor pariwisata, karena kebijakan physical distancing akhirnya mereka (UMKM) tidak bisa memasarkan lagi," ucapnya.

Khoerul juga mengatakan, sektor akomodasi seperti taksi, ojek online dan hotel juga merasakan dampak yang luar biasa terhadap penurunan penghasilannya.

Penulis: Farid Farid
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved