Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kampung Tematik di Kota Malang Semprot Disinfektan Mandiri

Semua Kampung Tematik di Kota Malang telah ditutup pada 16 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kampung Tematik di Kota Malang Semprot Disinfektan Mandiri
Foto Istimewa Kampung Glintung Go Green
Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan di sejumlah rumah warga di Kampung Glintung Go Green Kota Malang, Rabu (25/3) 

SURYA.co.id | MALANG - Sejumlah Kampung Tematik di Kota Malang melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Rabu (25/3/2020).

Penyemprotan itu dilakukan, setelah Kampung Tematik itu ditutup mengikuti Surat Edaran (SE) Wali Kota Malang Nomor 7 Tahun 2020 tentang kesiapsiagaan Dunia Usaha dalam Menghadapi Covid-19.

Di mana dalam SE tersebut ada poin yang menyebutkan, tempat rekreasi dan jenis usaha di dalamnya dilakukan penutupan sementara waktu sampai pada batas yang akan ditentukan yaitu 7 April 2020.

Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Kota Malang, Ki Demang menyampaikan, semua Kampung Tematik di Kota Malang telah ditutup pada 16 Maret 2020.

Setelah kampung ditutup, warga secara mandiri melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona.

"Penyemprotan ini dilakukan secara mandiri. Bahkan, di beberapa kampung menjadi Posko Relawan Siaga Pencegahan Covid 19," ucapnya.

Posko relawan tersebut bisa ditemui di Kampung Glintung Go Green, Kota Malang, yang tepatnya berada di Rumah Prestasi Glintung Go Green.

Pencetus Posko Relawan Corona itu ialah Bambang Irianto yang juga Inisiator Glintung Go Green.

Dia menjelaskan, bahwa posko ini dibentuk karena kepedulian bersama dalam mencegah merebaknya wabah virus corona.

Hal ini setelah Malang ditetapkan sebagai zona merah oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Selain kami membentuk posko. Kami juga membentuk satgas Covid-19, yang terdiri dari unsur TNI-Polri di wilayah Blimbing, Camat Blimbing, Lurah, dan masyarakat Purwantoro," ucapnya.

Tak hanya di Kampung Glintung Go Green, sejumlah Kampung Tematik di Kota Malang juga mulai ikut berbenah terhadap bahaya Covid-19.

Di antaranya ialah Kampung Budaya Polowijen, Kampung Glintung Water Street, Kampung Tridi, Kampung Kajoetangan Heritage, Kampung Budaya Satrio Turonggo Jati Claket, Kampung Terapi Hijau, Kampung Kripik Sanan dan Kampung Tematik lain yanh jumlahnya ada 19 di Kota Malang.

Mereka melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri serta menyediakan tempat cuci tangan bagi masyarakat.

"Seperti di kami, pengunjung yang belanja ke Kampung Kripik Sanan di sediakan cuci tangan dan hand sanitizer sebagai upaya pencegahan san membagi jarak belanja pengunjung. Semua ini dilakukan demi pencegahan dan antisipasi makin merebaknya Covid 19," ucap Lilik Rohani warga Sanan Kota Malang. (Rifky Edgar)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved