Busana Etnik Semakin Digemari, Desainer Soesi Sukotjo Buat Lebih Kekinian

Soesi Soekotjo baru-baru ini memperkenalkan koleksi yang menampilkan etnik nusantara.

Busana Etnik Semakin Digemari, Desainer Soesi Sukotjo Buat Lebih Kekinian
ist
Soesi Soekotjo (tengah) bersama para model yang memperagakan koleksi busananya 'Manika' yang menggambarkan sosok perempuan yang tegas dan tegar. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tak memberi kesan kuno, busana etnik kini malah menjadi incaran banyak orang. Hal ini tak lepas dari peran para desainer yang mengemasnya dalam bentuk yang lebih modern.

Seperti yang dilakukan Soesi Soekotjo. Baru-baru ini, Ketua Persatuan Perancang Busana (Persana) Jawa Timur (Jatim) ini memperkenalkan koleksi yang menampilkan etnik Nusantara.

"Sekarang ini, yang etnik malah banyak dicari. Unsur kuno semakin banyak diburu, seperti etnik dari NTT atau kalau di Jawa Timur ada Lamongan atau Kediri misalnya," ungkap Soesi, begitu ia disapa kepada Surya, Kamis (26/3/2020).

Pada koleksi 'Manika' yang dalam Bahasa Jawa berarti 'batu permata' ini, Soesi merefleksikan citra perempuan yang tegas dan tegar.

Busana dengan cutting-an tegas dengan model busana longgar, membuat perempuan bergerak bebas saat mengenakannya.

"Ini menggambarkan sosok perempuan yang tegas, yang tidak klemar-klemer saat melakukan sesuatu. Uniknya, saya menemukan rancangannya terlebih dahulu," kata Soesi.

Para perempuan pun kini cenderung memilih busana yang multifungsi, bisa dikenakan dalam berbagai acara. Ini juga yang ditawarkan oleh Soesi.

Ia menghadirkan item di antaranya outer, tunic, dan dress yang dominan warna hitam dan mocca ke arah gelap. Masing-masing dapat dipadukan sesuai kebutuhan.

"Jadi, busana ini bisa dikenakan untuk ke kantor dan juga pesta. Kalau untuk kerja, bisa pilih outer-nya saja dan dipadukan dengan dalaman yang nyaman. Kalau ke pesta, bisa dipasangkan dengan busana saya yang lain. Bisa nggak formal banget, tapi tetap ada etniknya," kata Soesi.

Begitu juga kain lilit, ia melanjutkan, yang bisa dipadukan dengan blouse atau atasan lain. Dalam satu set busana, terdapat tiga sampai lima item.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved