Virus Corona di Surabaya

Besok Masjid Al Akbar Surabaya Tetap Selenggarakan Salat Jumat, Para Jemaah Wajib Ikuti Aturan Ini

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya tetap akan menyelenggarakan salat Jumat (27/3/2020), namun dengan SOP atau protokol yang sangat ketat.

Besok Masjid Al Akbar Surabaya Tetap Selenggarakan Salat Jumat, Para Jemaah Wajib Ikuti Aturan Ini
SURYA.co.id/Farid Mukarrom
Penyemprotan disinfektan dengan Water Scanner sebelum memasuki ruangan utama Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (24/3/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masjid Nasional Al Akbar Surabaya tetap akan menyelenggarakan salat Jumat (27/3/2020), namun dengan SOP atau protokol yang sangat ketat.

Ketua Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Mohammad Sudjak mengatakan pada salat Jumat nanti, Masjid Nasional Al Akbar hanya akan membuka tiga pintu, yaitu pintu utara, timur dan selatan.

"Di setiap pintu kita sediakan wastafel dan sabun untuk mencuci tangan. Selain itu di tempat wudhu sudah kita sediakan sabun juga," ucap Sudjak, Kamis (26/3/2020).

Setelah mencuci tangan, jemaah diwajibkan melewati room screening untuk penyemprotan disinfektan.

"Kita punya 4 room screening yang siap dioperasikan," tambah Sudjak.

Setelah itu, petugas akan mengecek suhu tubuh jemaah menggunakan thermal gun dan jika suhu tubuh di atas 38 derajat celcius maka jemaah tidak diperbolehkan untuk mengikuti salat Jumat dan akan dievakuasi terlebih dahulu.

"Jemaah yang tidak menggunakan masker juga tidak kita perbolehkan untuk masuk. Tapi misalnya lupa kita akan berikan walaupun yang kita siapkan tidak banyak," ujar Sudjak.

"Khatib, imam dan muadzin serta semua pengurus kita juga akan memakai masker," lanjutnya

Setelah sampai di dalam masjid petugas akan mengatur shaf para jemaah agar tetap menjaga jarak satu hingga dua meter.

"Khatib juga tidak boleh terlalu panjang dalam menyampaikan khotbahnya, yang paling penting rukun khotbah sudah terpenuhi dan di akhir khotbah akan dibacakan doa tolak bala," lanjut Sudjak.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved