Surabaya Antisipasi Corona

UN Dihapus,Direktur Forum Pemerhati Kebijakan Publik Pemerintah: Jangan Main-main dengan Nyawa Siswa

"Pencegahan virus dengan meniadakan UN jauh lebih penting daripada UN tetap dilaksanakan," kata Awey panggilan akrabnya.

UN Dihapus,Direktur Forum Pemerhati Kebijakan Publik Pemerintah: Jangan Main-main dengan Nyawa Siswa
surya.co.id/nuraini faiq
Direktur Forum Pemerhati Kebijakan Publik Pemerintah Vinsensius Awey. 

SURYA.co.id |  SURABAYA - Keputusan Pemerintah meniadakan Ujian Nasional (UN) semua jenjang mulai SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK karena merebaknya virus corona dinilai langkah tepat.

Apalagi tahun depan, Pemerintah di bawah Menteri Pendidikan Nadim Makarim, juga berencana ujian akhir sekolah yang digelar secara nasional itu juga dihapus.

Hal itu disampaikan Direktur Forum Pemerhati Kebijakan Publik Pemerintah  Vinsensius Awey, Selasa (24/3/2020).

"Pandemi virus covid-19 semakin hari semakin mengkuatirkan dan ancaman nyawa terus didepan mata kita, bahkan masyarakat dunia. Pencegahan virus dengan meniadakan UN jauh lebih penting daripada UN tetap dilaksanakan," kata Awey panggilan akrabnya.

Mantan anggota DPRD Suranaya ini melihat bahwa UN hanya salah satu tolak ukur saja bagi proses belajar mengajar yang ada disekolah dan lalu dibandingkan antar daerah.

Sementara upaya memerangi pandemi virus ini jauh lebih penting dan mendesak untuk situasi dan kondisi saat ini.
Ini menyangkut keselamatan jiwa seluruh warga Indonesia dibandingkan hanya untuk mengevaluasi kepentingan mengukur hasil pendidikan secara nasional.

Situasi dan kondisi pandemi corona saat ini ada pada fase abnormal. Dibutuhkan keseriusan semua pihak untuk bergotong royong semua pihak dalam memeranginya.

Jika UN tetap dipaksakan ada di tengah situasi abnormal seperti ini maka siswa akan mengalami stres dan apalagi wali muridnya.

Peserta UN tidak konsen karena terpecah konsentrasi. Hal ini dapat mengurangi imunitas tubuh. Sebab belum tahu siapa yang saat ini positif.

Memang kehadiran UN selalu menjadi perdebatan yang tak pernah habis. Terutama menyangkut manfaat dari ujian tahunan ini.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved