DPRD Surabaya

Surabaya Bersatu Lawan Corona, Ketua DPRD: Mari Tumbuhkan Solidaritas Sosial

DPRD Kota Surabaya mendukung penuh langkah-langkah Wali Kota Risma. Mulai meliburkan siswa PAUD, TK, SD dan SMP, membentuk dapur umum di Balai Kota.

Surabaya Bersatu Lawan Corona, Ketua DPRD: Mari Tumbuhkan Solidaritas Sosial
surya.co.id/ahmad zaimul haq
SEMPROT DISINFEKTAN - Sejumlah petugas bersiap melakukan penyemprotan di berbagai titik di Surabaya saat diberangkatkan dari Balai Kota Surabaya, Senin (16/3/2020). Penyemprotan disinfektan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Corona yang kian digencarkan oleh Pemkot Surabaya. Petugas gabungan dari Pemkot dikerahkan melakukan penyemprotan di berbagai titik di Surabaya di antaranya, kantor pemerintahan, Balai Kota, sekolah, ruang publik hingga tempat ibadah untuk membersihkan bakteri dan berbagai macam bakteri dan virus. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wabah virus Corona (Covid-19) menjadi keprihatinan pemerintah dan masyarakat luas. Bahkan keprihatinan global. Berbagai negara dan kota di dunia tengah berjuang menghadapi Corona.

Jajaran aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun sudah bekerja keras di bawah komando Wali Kota Tri Rismaharini, sejak Presiden Jokowi meluncurkan Keputusan Presiden No 7 Tahun 2020, 13 Maret lalu, Risma langsung tancap gas di Surabaya.

Hanya dalam hitungan hari, berbagai terobosan kebijakan taktis telah dihasilkan Risma.

DPRD Kota Surabaya mendukung penuh langkah-langkah Wali Kota Risma. Mulai meliburkan siswa PAUD, TK, SD dan SMP, membentuk dapur umum di Balai Kota, penyemprotan disinfektan ke fasilitas publik dan kampung-kampung.

Termasuk penyiapan ruang isolasi di rumah-rumah sakit bagi pasien.

“Bu Risma memegang komando penuh dalam pencegahan dan penanggulangan Covid 19. Semua kebijakan dan langkah didasari pertimbangan untuk menjaga keselamatan rakyat Kota Surabaya,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Kota Surabaya, Rabu (25/3).

Selain kerja keras pemerintah dan seluruh aparat keamanan, sangat penting tentang peran aktif masyarakat.

Tidak bisa hanya menyandarkan kepada pemerintah. Adalah penting mendorong penguatan solidaritas sosial di masyarakat dalam penanganan virus Corona (Covid-19).

“RT, RW, LPMK, seluruh tokoh dan elemen masyarakat, bisa terlibat aktif. Dengan menjaga wilayah masing-masing. Seperti mencegah pengumpulan orang. Masyarakat juga harus berperan aktif dengan membatasi keluar rumah dan pola hidup sehat,” kata Adi.

“Kita menghadapi lawan yang tidak kasat mata, yaitu virus yang sangat cepat penularannya. Maka, tindakan preventif sangat berguna. Dengan cara hidup sehat, serta membatasi keluar rumah,” lanjut politisi PDIP ini.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved