Berita Jawa Timur

Khofifah Pertemukan Warga Dengan Ahli yang Kompeten Soal Corona Lewat Fovid-19

hari ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan website forum obrolan covid-19 di alamat forumcovid19.jatimprov.go.id.

Khofifah Pertemukan Warga Dengan Ahli yang Kompeten Soal Corona Lewat Fovid-19
surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Staf Pemprov Jatim menunjukkan Tampilan laman Fovid-19 (Forum Obrolan Covid-19) yanng memberikan fasilitas bagi pengunjung untuk bertanya jawab terkait virus corona dengan tenaga kesehatan yang kompeten. Fovid-19 bisa diakses melalui alamat forumcovid19.jatimprov.go.id yang diluncurkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Rabu (25/3/2020). 

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan laman baru terkait covid-19, Rabu (25/3/2020). 

Berbeda dengan laman sebelumnya yang memberikan fasilitas untuk selfcheckup covid-19, hari ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan website forum obrolan covid-19 di alamat forumcovid19.jatimprov.go.id.

Melalui laman Fovid-19 (Forum Obrolan Covid-19) ini masyarakat atau pengunjung akan terfasilitasi untuk bertanya jawab dengan tenaga kesehatan yang kompeten. 

Selain itu pengunjung juga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait wabah virus COVID-19 yang sedang melanda di negeri ini.

“Forum ini kami luncurkan setelah melihat respon yang begitu besar dari masyarakat yang mengunjungi website kita checkupcovid19.jatimprov.go.id . Barangkali ada pengunjung yang setelah self check up ternyata butuh ada yang ingin dikonsultasikan maka bisa lewat forum obrolan ini, dengan alamat forumcovid19.jatimprov.go.id karena ada tenaga kesehatan yang mengerti di bidangnya yang akan memberikan respon,” kata Khofifah.

Memang dalam situs checkupcovid19.jatimprov.go.id juga konek denga call center 1500117 yang dimiliki Pemprov Jatim. 

Akan tetapi Khofifah mengatakan, bisa saja ada pengunjung yang butuh ruang untuk menyampaikan apa yang dirasakan tidak melalui telepon. Maka Pemprov juga menyediakan layanan konsultasi melalui forum dan chat real time.

“Kita sangat mungkin ada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertelepon suara karena sedang di tempat yang banyak orang lain, atau merasa tidak nyaman berkonsultasi secara langsung. Maka  di sini mereka chatting dengan mengunjungi laman ini. Kalau mau ada yang ditanyakan bisa ke forum di website yang kita luncurkan sore ini,” kata Khofifah.

Akan ada sebanyak 1.502 relawan yang terdiri dari Dokter, Perawat dan dari tenaga Kesehatan Masyarakat yang akan membantu menjawab konsultasi maupun pertanyaan yang muncul dari forum ataupun chat di Fovid-19 ini.

Khofifah meyakini bahwa forum digital ini dibutuhkan. Sebab dari situs yang sebelumnya pengakasesnha melebihi 2,5 juta kali dibuka. Dan sangat dimungkinkan adanya dialog dan tanya jawab dari pengunjung yang masih membutuhkan jawaban dan penjelasan.

“Kita ingin semua orang yang membutuhkan informasi tentang Covid-19 bisa saling terinformasikan karena sangat mungkin ada hal-hal yang perlu pendalaman sehingga bisa dilakukan obrolan dengan dokter dan relawan kesehatan untuk mempercepat penanganan,” pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved