Berita Malang Raya

Jaga Kelestarian Bendungan Sutami Malang, Perum Jasa Tirta I Bongkar Keramba Liar

Ada empat petak waring atau KJA dan satu pondokan nelayan telah dibongkar dan diderek keluar dari area tengah perairan.

Jaga Kelestarian Bendungan Sutami Malang, Perum Jasa Tirta I Bongkar Keramba Liar
Foto Istimewa Perum Jasa Tirta (PJT) I
Petugas menertibkan keramba liar dan tak berfungsi di Bendungan Sutami. 

SURYA.co.id | MALANG - Satu per satu keramba jaring apung (KJA) yang berada di kawasan perairan Bendungan Sutami akhirnya diderek dan dibawa ke pinggir daratan oleh kapal tender.

Kegiatan penertiban KJA yang dilakukan Perum Jasa Tirta (PJT) I ini sudah mulai dilaksanakan sejak Kamis (19/3/2020) dan direncanakan berlangsung hingga minggu depan atau hingga akhir Maret.

Ada empat petak waring atau KJA dan satu pondokan nelayan telah dibongkar dan diderek keluar dari area tengah perairan.

Kegiatan operasi penertiban KJA ini, merupakan bukti keseriusan PJT I dan masyarakat pokdakan untuk pembenahan dan kesadaran dalam menata serta menjaga kelestarian lingkungan di kawasan bendungan.

"Ini adalah bukti keseriusan PJT I untuk menjaga kelestarian bendungan yang kami kelola. Kegiatan ini terlaksana sebagai bukti masyarakat KJA di sekitar waduk sudah sadar lingkungan dan taat hukum," kata Kasubdiv DJA I PJT 1, Hermawan C Nugroho dalam rilis yang dikirimkan, Rabu (25/3/2020).

Hermawan menjelaskan, jika kegiatan penertiban KJA tahap pertama ini, dipusatkan di perairan waduk yang masuk di wilayah Desa Suko.

Sedangkan yang menjadi target penertiban adalah keramba yang sudah tidak terpakai dan tidak produktif serta keramba liar.

"Targetnya adalah keramba yang tidak terpakai dan tidak produktif juga keramba liar yang tidak masuk dalam pokdakan desa setempat," jelasnya.

Diketahui, sebelum dilaksanakannya kegiatan penertiban KJA di Bendungan Sutami ini, PJT I telah melakukan sosialisasi dan pendataan pokdakan yang ada.

Selanjutnya PJT I telah bersurat dan pemberitahuan resmi kepada semua pihak, tentunya juga kepada pokdakan dan kepala desa serta muspika setempat akan dilakukannya kegiatan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved