Virus Corona di Surabaya

Imbas Wabah Virus Corona, Wisata Religi Makam Sunan Ampel Ditutup, Tapi Masjid Masih Buka

Guna memperkecil sebaran virus Corona (Covid-19), kawasan wisata religi Makam Sunan Ampel, Surabaya ditutup sejak Selasa (24/3/2020)

Imbas Wabah Virus Corona, Wisata Religi Makam Sunan Ampel Ditutup, Tapi Masjid Masih Buka
SURYA.co.id/Tony Hermawan
Area wisata religi Makam Sunan Ampel di Surabaya ditutup, Rabu (25/3/2020). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Guna memperkecil sebaran virus Corona (Covid-19), kawasan wisata religi Makam Sunan Ampel, Surabaya ditutup sejak Selasa (24/3/2020) hingga 14 hari ke depan.

Zeid Muhammad Yusuf selaku Takmir Masjid dan Makam Sunan Ampel mengatakan penutupan itu sudah direncanakan oleh pihaknya sejak Rabu (18/3/2020) lalu.

"Sebetulnya dari hari Rabu (minggu lalu), cuma ada yang buka, ada yang tutup. Terus kemarin saya pas ke Jakarta, saya minta tolong ke anggota polsek untuk menutup lagi karena itu instruksi dari Kapolri," kata dia saat dihubungi, Rabu (25/3/2020).

Meskipun Makam Sunan Ampel ditutup, lanjutnya, namun hingga sekarang Masjid Agung Sunan Ampel masih tetap dibuka.

"Ya bagaimana salat kan untuk mendekatkan diri sama Allah SWT, kalau ditutup ya susah," ucap Zeid.

Menyadari para tamu peziarah datang dari wilayah mana saja, di kawasan ini pun dilakukan upaya preventif untuk menekan wabah virus Corona.

"Kami sudah melakukan disinfektan, penyediaan sanitizer, penggulungan karpet masjid dan salat diberi jarak 1 meter," ucapnya.

Sementara, guna menghindari kerumunan massa berkumpul, saat ini di area makam tidak disediakan tempat duduk bagi pengunjung.

Hal itu dimaksudkan agar peziarah tidak berlama-lama singgah di area tersebut.

"Kita memang gak bisa melarang mereka datang. Lah mereka saja tamu yang gak diundang. Ya dengan itu yang bisa kami lakukan untuk menekan kerumunan," pungkasnya.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved