Berita Blitar

DPRD Kota Blitar Akan Cermati Besaran Silpa APBD 2019

DPRD Kota Blitar membentuk panitia khusus untuk mencermati Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Blitar Akhir Tahun Anggaran 2019.

DPRD Kota Blitar Akan Cermati Besaran Silpa APBD 2019
SURYA.co.id/Samsul Hadi
Suasana Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Wali Kota Akhir Tahun Anggaran 2019 di gedung DPRD Kota Blitar, Selasa (24/3/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - DPRD Kota Blitar membentuk panitia khusus untuk mencermati Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Blitar Akhir Tahun Anggaran 2019.

Pansus akan fokus mencermati besarnya sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBD Kota Blitar 2019.

Pansus dibentuk setelah DPRD Kota Blitar menggelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Wali Kota Akhir Tahun Anggaran 2019 di gedung DPRD Kota Blitar, Selasa (24/3/2020).

Dalam rapat paripurna itu, Plt Wali Kota Blitar, Santoso menyampaikan hasil pelaksanaan APBD 2019.

Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim mengatakan nilai APBD Kota Blitar 2019 sebesar Rp 1,17 triliun. Untuk besaran Silpa APBD Kota Blitar 2019 lebih Rp 200 miliar.

"Dari penyampaian LKPJ oleh Plt Wali Kota Blitar, kami perlu mencermati besaran Silpa di APBD 2019. Besaran Silpanya lebih dari Rp 200 miliar. Kami sudah bentuk Pansus untuk mencermati itu," kata Syahrul.

Dikatakannya, Pansus akan menelaah kenapa ada Silpa di APBD 2019 yang besarannya lebih dari Rp 200 miliar. Pansus akan mencari tahu apakah Silpa itu berasal dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat yang tidak bisa dilaksanakan atau Silpa murni dari APBD Kota Blitar.

"Berarti ada kendala dalam pelaksanaan ABPD, sehingga nilai Silpanya lumayan besar. Kendalanya apa, Pansus yang akan menelaahnya," ujarnya.

Menurut Syahrul, memang ada kesulitan pemanfaatan APBD di beberapa kegiatan. Khususnya pemanfaatan APBD yang bersumber dari DAK pemerintah pusat.

"DAK ada yang mengendap beberapa tahun. Dana itu tidak bisa dikembalikan dan sulit juga untuk direalisasikan. Contohnya DAK untuk pembangunan infrastruktur yang terkendala di lelang dan waktu pekerjaan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved