Surabaya Antisipasi Corona

Darurat Corona, WNA Overstay di Surabaya Bebas Biaya Denda

Warga Negara Asing (WNA) yang overstay di Indonesia termasuk di wilayah Surabaya, tidak diberlakukan biaya overstay.

Darurat Corona, WNA Overstay di Surabaya Bebas Biaya Denda
surya.co.id/nuraini faiq
Layanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya beberapa waktu lalu. Dalam kondisi darurat corona, WNA di Indonesia, termasuk di Surabaya bebas biaya denda overstay. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sementara itu, Warga Negara Asing (WNA) yang overstay di Indonesia termasuk di wilayah Surabaya, tidak diberlakukan biaya overstay. Mereka bebas tetap tinggal di Indonesia karena saat ini dalam darurat Corona.

Apalagi negara asalnya bisa jadi sudah terlanjur memberlakukan lockdown. Akibatnya, mereka tak bisa kembali ke negara asalnya.

Saat ini diperkirakan banyak WNA yang tidak dapat kembali ke negara asalnya karena pandemi virus Corona. Mereka telanjur menggunakan visa on arrival atau visa kunjungan yang distempel
setibanya di bandara tujuan.

"Mereka yang overstay tak perlu mengajukan perpanjangan izin tinggal ke Kantor Imigrasi. Mereka juga tak kena denda," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya Is Edy Ekoputranto.

Saat ini, diberlakukan Perpanjangan Izin Tinggal Otomatis bagi WNA. Karena musibah pendemi corona, setiap WNA yang tiba di Indonesia setelah 5 Februari 2020 berlaku atas pembebasan denda tersebut.

"Mereka dibebaskan biaya overstay karena pendemi Corona. Hampir semua negara tekena dampak virus ini. Jadi, tak perlu datang ke Kantor Imigrasi," tambah Is Edy.

Kebijakan tersebut mengacu pada Permenkumham Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal dalam Upaya Pencegahan Masuknya Virus Corona. Juga didasarkan pada Permenkumham No. 8 Tahun 2020 tentang Penghentian Sementara Bebas Visa Kunjungan dan Visa Kunjungan Saat Kedatangan Serta Pemberian Izin Tinggal Keadaan Terpaksa.

Selain itu, kebijakan juga berdasarkan Surat Edaran tentang Pembatasan Pelayanan Keimigrasian untuk Mencegah Penyebaran Covid-19, dan informasi Kementerian Luar Negeri RI.

"Layanan WNA di Kantor Imigrasi juga kami batasi. Layanan WNA kami jadwal mulai jam 08.00-12.00 demi mencegah potensi penyebaran virus Corona," kata Is Edy. (fai)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved