Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Cegahan Penularan Covid-19, Dispendukcapil Sampang Batasi Pelayanan 50 Pemohon Per Hari

Pembatasan pelayanan ini diterapkan untuk menyesuaikan jam kerja yang sebelumnya telah dipangkas melalui surat edaran dari Bupati Sampang.

Cegahan Penularan Covid-19,  Dispendukcapil Sampang Batasi Pelayanan 50 Pemohon Per Hari
tribun jatim/hanggara pratama
Kantor Dispendukcapil Sampang Jalan Kusuma Bangsa Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (25/3/2020). 

SURYA.co.id | SAMPANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura melakukan pembatasan pelayanan bagi para pemohon dokumen kependudukan.

Hal itu dilakukan untuk upaya pencegahan penularan Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini mulai mewabah di sejumlah daerah di Indonesia dengan cara meminimalisir terjadinya pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Selain itu, pembatasan pelayanan ini diterapkan untuk menyesuaikan jam kerja yang sebelumnya telah dipangkas melalui surat edaran dari Bupati Sampang.

Plt Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subinto mengatakan, pelayanan ini akan membatasi jumlah layanan dalam sehari sebanyak 50 pemohon.

Dari jumlah pemohon tersebut, dipilih dari yang paling urgent atau memiliki keperluan mendesak.

"Kami akan memprioritaskan pemohon yang mendesak misalnya, kepentingan orang sakit, kepentingan BPJS, dan lainnya," ujarnya, Rabu (25/3/2020).

Edi Subinto menambahkan, sedangkan bagi pemohon yang mengurus tapi keperluannya tidak mendesak disarankan sementara waktu untuk ditunda.

Sebab, menurutnya pembatasan kuota ini bertujuan untuk memutus rantai virus penyebaran corona di Kabupaten Sampang agar tidak ada warga yang terinfeksi.

"Sebagai alternatif para pemohon bisa melalui mekanisme pengajuan di Kecamatan masing-masing agar tidak terjadi penumpukan di Dinas atau terjadi antrian panjang yang menimbulkan keramaian," terangnya.

Lebih lanjut, ia berharap kepada masyarakat Sampang khusunya pemohon agar memaklumi kebijakan ini karena demi kebaikan bersama.

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved