Jatim Antisipasi Corona

Wakil Ketua DPRD Desak Pemkab Pasuruan segera Cairkan Dana Desa untuk Mitigasi Bencana Virus Corona

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi mendesak Pemkab Pasuruan segera mencairkan anggaran Dana Desa (DD) untuk tangani wabah corona.

Wakil Ketua DPRD Desak Pemkab Pasuruan segera Cairkan Dana Desa untuk Mitigasi Bencana Virus Corona
surya.co.id/galih lintartika
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi 

SURYA.co.id | PASURUAN - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan segera mencairkan anggaran Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD).

Ia menjelaskan, pencairan DD ataupun ADD ini menjadi salah satu solusi untuk mitigasi bencana non alam atau merebaknya wabah virus corona atau COVID - 19 di Kabupaten Pasuruan.

"Ini instruksi Presiden Jokowi yang sudah diturunkan ke pemerintah pusat dan pemerintahan di bawahnya. Saya minta DD atau ADD segera dicairkan dalam waktu dekat ini," kata Andri Wahyudi, Selasa (24/3/2020) siang.

Pria yang juga menjabat  Ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan ini menjelaskan, dalam kondisi seperti ini, perlu ada langkah konkret. Jika menunggu anggaran kedaruratan di Kabupaten Pasuruan akan ribet.

"Nah, semisal nanti dicairkan, pemerintahan desa wajib mengalokasikan sebagian anggarannya untuk mitigasi bencana tanggap terhadap wabah virus corona," tambah Andri.

Disampaikan Andri, teknisnya bisa beragam. Namun, ia menyarankan, pemerintah desa bisa menyiapkan anggaran Rp 5 juta - Rp 10 juta untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona agar tidak masuk ke desa.

"Jadi anggaran itu bisa digunakan untuk penyemprotan disenfiktan, bagi-bagi masker atau upaya lainnya yang bertujuan untuk membatasi penyebaran virus corona di desa," jelasnya.

Menurut dia, langkah ini dinilai sangat efektif. Artinya, dana desa juga dapat digunakan untuk membantu penanganan wabah virus corona COVID -19. Kata dia, penanganan COVID-19 ini harus diperbanyak.

Presiden  Jokowi sempat menginstruksikan agar dana desa segera direalisasikan dalam bentuk program padat karya tunai dan digunakan untuk membantu menangani wabah virus corona Covid-19.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved