Breaking News:

Citizen Reporter

Satu Jam Mendongeng, Membuat Anak Gembira

Keseriusan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya menjadikan literasi dekat dengan anak dilakukan dengan mendongeng selama satu jam.

Satu Jam Mendongeng, Membuat Anak Gembira
citizen reporter/Diana Arum Sari
Tim Dispusip Kota Surabaya mendongeng selama satu jam untuk anak-anak di Taman Bungkul Surabaya.

Pagi cerah, Minggu (1/3/2020), pukul 06.30 di Taman Bungkul Surabaya adalah saat mendongeng. Di samping mobil perpustakaan keliling di area tulisan “Taman Bungkul” terlihat tim pendongeng dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya.

Mereka bersiap melakukan kegiatan. Minggu itu, mereka mendongeng dengan tema kesehatan. Tim pendongeng sudah bersiap memakai kostum dan perlengkapan dokter.

Dimulai dari persiapan menggelar karpet, memasang banner, lalu mengajak pengunjung untuk mengikuti kegiatan bersama tim mobil perpustakaan keliling dari Dispusip Kota Surabaya. Beberapa pengunjung Taman Bungkul sudah mulai berkumpul dari mulai anak kecil, remaja, hingga dewasa.

Tim pendongeng bersama bibit pendongeng, yaitu Amel dari SDN Gubeng 3 Surabaya mulai menyapa pengunjung dan memperkenalkan diri. Mereka mengajak pengunjung untuk bernyanyi bersama dan ice breaking tepuk sehat.

“Aduh, aduh, gigi Cican sakit,” ujar Amel yang sedang mendongeng dengan judul Cican Sakit Gigi. Cerita itu mengajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Itu dilanjut dengan dongeng dari Si Ceri, boneka tangan dengan judul Vito Cacingan. Nah, cerita itu menggambarkan bahayanya kuman yang masuk ke dalam perut lewat makanan yang dimakan langsung dengan tangan kotor, tanpa mencuci tangan.

Kemudian, tim pendongeng menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat. Itu seperti berolahraga, mencuci tangan sebelum makan, makan makanan yang sehat dan bergizi, juga istirahat yang cukup.

Kegiatan diakhiri dengan melempar tanya jawab kepada pengunjung, berbagi hadiah, foto bersama, dan sosialisasi tentang Sahabat Dongeng, yaitu formulir tanggapan bagi pengunjung tentang kegiatan yang sudah dilakukan.

“Kak, saya dan keluarga sangat senang dengan kegiatan ini, saya selalu menjadi pengunjung setia, lho. Anak asyik mendengarkan dongeng, saya membaca buku," ujar Andayani, salah satu ibu yang mengantarkan anaknya.

Setelah kegiatan berakhir, pengunjung diperbolehkan membaca buku yang sudah disediakan di mobil perpustakaan keliling.

Kegiatan satu jam mendongeng di taman bersama Tim Pendongeng Dispusip Kota Surabaya itu dilakukan setiap Minggu di tiga taman lho. Mereka ada di Taman Bungkul pukul 07.00, Kebun Bibit Wonorejo pukul 09.00, dan Taman Prestasi pukul 09.00.

Itu pagi yang ceria di taman bersama keluarga menikmati dongeng gratis, baca buku gratis dan apabila beruntung bisa dapat hadiah. Menarik sekali, bukan? Yuk, ajak keluarga dan teman untuk bersama-sama mengikuti gerakan mendongeng di taman selama bisa dilakukan.

Diana Arum Sari
Petugas Teknis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya
dianarum2012@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved