Breaking News:

Citizen Reporter

Ini Cara Menjadi Pengusaha Kuliner Sehat Sejak Belia

Satu hari khusus mengajak anak belajar menjadi pengusaha bisa dilakukan di sekolah. Itu yang dilakukan Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya.

Ini Cara Menjadi Pengusaha Kuliner Sehat Sejak Belia
citizen reporter/ Achmad Zainuri Arif
Siswa Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya menyajikan kuliner sehat saat Business Day.

Suasana ramai dan meriah rampak di kompleks Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya, Sabtu (29/2/2020). Sekolah menggelar Business Day yang diikuti oleh seluruh siswa beserta orang tua siswa.

Menurut Ketua Pelaksana Business Day, Rizqy Samsul Abidin, Business Day itu merupakan upaya untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship kepada para siswa sejak dini. Dengan jiwa entrepreneurship, anak-anak juga akan tumbuh kreatif, percaya diri, teliti dan komunikatif.

“Pada Business Day tahun ini, makanan yang dijual para siswa tidak hanya enak, namun yang lebih penting yaitu harus sehat dan halal. Maka Business Day 2020 ini bertemakan Halal and Healthy Food Festival,” kata Rizqy.

Salah satu bagian yang paling menarik dalam Business Day 2020 kali ini, setiap stan menyajikan dan mendemonstrasikan proses pembuatan menu unggulan yang bermanfaat bagi masyarakat. Itu terutama untuk penderita diabetes, asam urat, kolesterol, jantung, dan darah tinggi. Mereka yang diet bisa ikut menikmati karena makanan atau minuman yang dijual tanpa gula, tanpa minyak sawit, atau tanpa garam.

Kedai Cak Blangkon milik siswa kelas 1 misalnya, menampilkan menu unggulan Salad Madu dan Banyu Seger Waras dari kurma dan apel. Ada juga Café Koboy milik kelas 2 yang menyajikan salad Indonesia dan jus semangka tanpa gula. Pemanisnya menggunakan madu dan kurma.

Yang tidak kalah menarik adalah standar Centil milik kelas 3, stan Kreta dari kelas 4, stan Kliwan yang dibuat kelas 5, dan stan Cerdas milik kelas 6. Semua memiliki menu unggulan masing-masing.

Semua berlomba-lomba mendesain stan, menampilkan beragam menu makanan, serta mempresentasikan menu unggulannya sebaik-baiknya agar menarik juri untuk memberikan nilai yang tertinggi.

“Yang dinilai penyajian, cara pembuatan menu, dan yel-yel. Semua itu dikemas dan dipresentasikan di hadapan para juri yang akan memberikan penilaian untuk lomba bazar ini. Akan dipilih stan paling kreatif, stand paling bersih, dan menu tersehat,” tutur Rizqy.

Kesan positif diungkapkan Matius Natalegawa, salah satu peserta Business Day 2020. Ia mengaku senang.

“Seru ya bisa berjualan bersama teman-teman. Meski sempat ribet karena ramai dan terburu-buru tadi, tetapi laris. Ini tinggal sedikit,“ ungkap siswa kelas 4 itu.

Achmad Zainuri Arif
Staf Pendidik Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Ketintang
arik.arrusyd@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved