Citizen Reporter

Di Pondok Manarul Qur’an Paciran Lebih Aman Sekolah Tidak Diliburkan

Para santri tidak libur di Pondok Manarul Qur'an Paciran, Lamongan. Itu untuk melindungi siswa supaya tidak keluyuran.

citizen reporter/Arul Chandrana
Pondok Manarul Qur’an Paciran tidak meliburkan santri untuk melindungi mereka agar tetap sehat. 

Sementara banyak sekolah yang diliburkan, ada banyak pondok yang tidak meliburkan kegiatannya, atau memulangkan santri-santrinya. Salah satu pondok di Jawa Timur yang masih berlangsung normal kegiatan pembelajarannya adalah Pondok Manarul Qur’an Paciran, Lamongan.

Seusai melaksanakan kegiatan penilaian tengah semester, Pondok Manarul Qur’an menyelenggarakan kampanye stop bullying dan kenakalan remaja, Rabu (18/3/2020). Panitia mengundang Kapolsek Paciran AKP Suratman sebagai pembicara tunggal. Kegiatan dilaksanakan di masjid pondok dan dikuti oleh semua santri jenjang SMP dan SMA di lingkungan Pondok Manarul Qur’an.

Dalam kegiatan itu Kapolsek Paciran menuturkan pengalaman belajarnya semasa kecil yang sarat dengan pengorbanan dan perjuangan. “Saya dulu sekolah masih nyeker, Adik-adik,” kenang kapolsek.

Selain itu, ia juga mengingatkan para santri tentang tiga macam kesopanan yang melekat pada setiap pelajar, yaitu kesopanan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan. “Tanpa tiga kesopanan itu, ilmu kalian tidak akan bermanfaat dan berkah,” jelas Suratman.

Kapolsek menegaskan, kebersihan adalah kunci penting terhindar dari serangan corona. “Jaga kebersihan kalian. Rajinlah cuci tangan memakai sabun. Dalam Islam, kita diajarkan untuk sering berwudu. Itu sangat berguna dalam menjaga kalian dari penyakit,” paparnya.

Sementara itu, Abdul Aziz Nasruddin, selaku penanggung jawab bagian pendidikan Pondok Manarul Qur’an menyatakan, keputusan tidak meliburkan pondok adalah salah satu cara melindungi para santri. Dengan tetap di pondok maka keberadaan para santri, interaksi, dan kegiatannya bisa dipantau dan dijaga.

“Ada banyak laporan anak-anak yang libur sekolah justru nongkrong, ngopi, warnet game online penuh. Itu justru bahaya bagi kesehatan mereka. Selama anak-anak masih di pondok, mereka akan lebih aman dan terjaga,” tuturnya.

Selain tidak meliburkan para santrinya, Pondok Manarul Qur’an juga menerapkan sistem isolasi. Wali murid yang berasal dari luar daerah, atau yang tinggal di zona merah, untuk sementara waktu tidak diperkenankan membesuk ke pondok sampai situasi menjadi aman.

Arul Chandrana
Pengajar, penulis, dan YouTuber
Pengajar Bahasa Inggris di Pondok Manarul Qur’an Lamongan
archandrana@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved