Breaking News:

Citizen Reporter

Communiphora Menggali Paduan Tata Ruang Hijau dan Literasi di Perpustakaan Taman Flora

Tata ruang hijau di Surabaya yang dipadukan dengan literasi membuat UK Petra mengajak peserta Communiphora mengunjungi Taman Flora.

citizen reporter/Sapto Wicaksono Soesmono
Peserta Communication Euphoria (Communiphora) yang diadakan UK Petra menggali informasi di Perpustakaan Taman Flora Surabaya. 

Communication Euphoria (Communiphora) merupakan lomba tahunan untuk SMA tingkat nasional. Communiphora diadakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Kristen (UK) Petra. Tahun ini mereka menyelenggarakan di Taman Flora, Jumat (13/3/2020) pukul 08.45.

Kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan terbesar Ilkom UK Petra. Lomba-lomba itu di antaranya lomba public relation, jurnalistik, TV production, dan radio feature.

Communiphora 2020 mengangkat tema Handprint. Maksudnya, para peserta diharapkan dapat meninggalkan jejak, karya nyata, dan ide untuk aksi penyelamatan lingkungan. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan. Salah satu kegiatan yang dihelat di perpustakaan Taman Flora yaitu talkshow dengan tema Pengelolaan Taman.

Sebanyak 62 peserta SMA berpartisipasi dari beberapa kota. Mereka antara lain dari Surabaya yaitu SMA Gloria 2 Surabaya, SMAN 3 Denpasar, SMAN 8 Denpasar, SMAK Santo Yoseph Denpasar, dari SMAK Regina Pacis Solo, dan SMAK Bonaventura Madiun.

Turut hadir Pramudita Yustiani selaku Kepala UPTD Taman Kota Surabaya sebagai pembicara mengenai pengelolaan taman. Materi yang disampaikan meliputi fungsi Taman Flora, cara kerja Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Surabaya, sampai fasilitas yang ada di Taman Flora.

Menurut Jesicca, Ketua Penyelenggara Communiphora 2020 menjelaskan, dipilihnya lokasi kegiatan di taman karena Surabaya terkenal dengan taman. Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya secara langsung turun tangan dan punya aksi nyata untuk mengembangkan tata ruang hijau berupa taman untuk meningkatkan ruang hijau.

Jesicca menambahkan, diharapkan para peserta bisa menulis, meliput pengelolaan taman supaya Surabaya bisa terkenal lagi. Para peserta bisa melahirkan produk berupa liputan mengenai soft news dan public relation mengenai destination branding yaitu bagaimana cara promosi dan mengembangkan taman. Mereka terjun langsung merasakan fasilitas, pengelolaan, pembangunan taman, dan suasana taman serta dapat memiliki ide-ide atau konsep yang dapat meningkatkan fungsi taman.

Sapto Wicaksono Soesmono
Petugas Teknis Perpustakaan Taman Flora Surabaya
saptowicaksono.s@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved