Virus Corona di Surabaya

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kemenkumham Jatim Usulkan Sidang Secara Online

Kanwil Kemenkumham Jatim sangat proaktif menggalang sinergi dan kolaborasi dalam pencegahan dan penanganan virus corona (COVID-19).

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kemenkumham Jatim Usulkan Sidang Secara Online
Istimewa
Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kanwil Kemenkumham Jatim sangat proaktif menggalang sinergi dan kolaborasi dalam pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19).

Salah satunya dengan mendorong aparat penegak hkum yang lain untuk mengupayakan pelaksanaan layanan hukum memanfaatkan teknologi informasi.

Hal itu tertuang dalam surat Kakanwil Kemenkumham Jatim bernomor W15.UM.01.01-1083.

Surat yang ditujukan untuk Kapolda, Kajati dan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur itu, Kakanwil Krismono menyampaikan beberapa hal. Ia mengajak para APH untuk memperhatikan penyebaran Covid-19 secara lebih serius.

Dalam rangka pencegahan dan pengendalian terhadap bahaya yang diakibatkan oleh Covid-19 melalui interaksi manusia, khususnya warga binaan pada lapas/rutan, pihaknya menyampaikan beberapa hal yang kiranya dapat menjadi pertimbangan.

“Ada tiga hal yang kami sampaikan,” ujar Krismono, Selasa, (24/3/2020).

Ketiga hal tersebut, lanjut Krismono, adalah penundaan penitipan tahanan baru, penundaan pelimpahan perkara baru dan penundaan persidangan di pengadilan.

Hal ini dikarenakan kondisi di lapas/rutan cukup memprihatinkan. Saat ini isi kamar hunian pada lapas/rutan di Jatim rata-rata diisi oleh 20 orang sampai dengan 50 orang per kamar.

“Hal inilah yang membuat lapas/rutan menjadi sangat rawan dan penghuninya sangat rentan tertular,” urainya.

Meski begitu, Krismono mengaku siap mendukung upaya pengadilan jika proses persidangan dilakukan secara online. Seluruh sarana dan prasarana di lapas/rutan sudah sangat siap.
Karena masih bersifat usulan, pihaknya berharap segera ada tanggapan dari stakeholder terkait sehingga pelayanan tetap bisa berjalan dengan lancar.

“Selama ini kami sangat sering melakukan rapat dengan unit pusat menggunakan sambungan teleconference, sehingga sudah sangat siap secara sarana prasarana,” terangnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved