Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Sidoarjo Tambah 2 Rumah Sakit Rujukan Corona, Total Ada 5 RS, Ini Daftarnya

Rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Sidoarjo bertambah jadi lima RS

m taufik/surya
Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat meninjau rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Sidoarjo bertambah. Dari sebelumnya tiga rumah sakit, sekarang tambah dua menjadi lima rumah sakit. Ketiga rumah sakit rujukan sebelumnya ada RSUD Sidoarjo dengan kapasitas 10 temoat isolasi, RS Siti Hajar 6, RS Mitra Keluarga Waru 2 tempat isolasi.

Sementara dua rumah sakit rujukan baru adalah RS Siti Khodijah dan RS Anwar Media. Masing-masing dua tempat isolasi.

"Kedua rumah sakit itu di area barat dan utara, sehingga bisa memudahkan masyarakat di kawasan tersebut," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Ahmad Zaini, Senin (23/3/2020).

Dalam kesempatan ini, disebutnya juga sudah dialokasikan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk penanganan pencegahan menyebarnya virus Covid-19 di wilayah Sidoarjo.

Anggaran tersebut dihitung berdasarkan kebutuhan dilapangan, di antaranya pembelian APD (Alat Pelindung Diri) untuk tenaga medis, masker, hand sanitizer serta pengadaan tempat cuci tangan yang rencananya akan dipasang ditempat fasilitas publik dan kebutuhan penunjang percepatan penanganan medis lainnya.

"Termasuk rencana untuk rapid test di sejumlah tempat. Alatnya sudah kami pesan, semoga dalam waktu dekat bisa datang," ujar Zaini.

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawarman mengakui bahwa pihaknya juga sedang sangat membutuhkan APD untuk para tenaga medis.

"Jumlah tenaga medis mumpuni alias cukup. Namum APD-nya ini yang mulai menipis. Ada bantuan 10 dari Pemprov Jatim sudah kami sebar, kami juga sedang memesan lagi. Semoga bisa secepatnya tercukupi," urai dia.

Jika dihitung, total APD yang dibutuhkan ada sekira 8.000 baju Hasmat atau pakaian seperti astronot untuk tenaga medis perawatan pasien Covid-19 di Sidoarjo.

Tentang pasien, disampaikan dokter Syaf, bahwa sekarang ini ada tiga pasien positif corona Sidoarjo. Satu pasien berjenis kelamin pria di RSUD Sidoarjo, dan dua di RKZ Surabaya perempuan berusia 45 dan 64 tahun.

Satu pasien positif di RSUD Sidoarjo juga berdampak pada keluarganya. Istri, anak, dan sopirnya sudah berstatus PDP dan sudah diisolasi di rumah sakit.

Secara total, di Sidoarjo saat ini ada 16 ODP dan 12 PDP di Sidoarjo.

"Kami juga terus melakukan tracking terhadap orang-orang yang sempat berhubungan dengan para pasien," lanjut dia.

Syaf menyebut, sejauh ini dilaporkan bahwa semua pasien Covid-19 di Sidoarjo kondisinya stabil. Bahkan ada dua yang turun status, dari PDP menjadi ODP. Yakni dua pasien di RS Mitra Keluarga Waru

Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved