Grahadi

Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Nanti Malam 10 Ribu APD Siap Disebar ke RS se-Jatim untuk Penanganan Virus Corona

Diipastikan sebanyak 10.000 alat pelindung diri (APD) dari BNPB akan tiba di Jawa Timur malam ini pukul 20.00 WIB.

Nanti Malam 10 Ribu APD Siap Disebar ke RS se-Jatim untuk Penanganan Virus Corona
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mendatangi pabrik produsen APD di Mojoagung, Kabupaten Jombang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komandan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Heru Tjahjono memastikan bahwa sebanyak 10.000 alat pelindung diri (APD) dari BNPB akan tiba di Jawa Timur malam ini pukul 20.00 WIB.

Begitu tiba, bantuan APD tersebut akan segera didistribusikan begitu sampai di Surabaya ke rumah sakit-rumah sakit di Jawa Timur yang menjadi rujukan untuk pelayanan Covid-19.

“Malam ini pukul 20.00 malam tiba APD-nya. Kita akan langsung distribusikan ke daerah-daerah, ke rumah sakit-rumah sakit agar tenaga medisnya tidak mengalami kekurangan APD,” kata Heru yang juga menjabat sebagai Sekdaprov Jawa Timur ini, Senin (23/3/2020).

Pasalnya, APD ini menjadi barang yang penting bagi para tenaga media yang menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona SARS-Cov-2 yang menyebabkan Covid-19 ini.

Mereka yang kontak langsung pasien terpapar virus corona sangat berisiko tertular. Sehingga membutuhkan APD agar memotong rantai penularan virus corona. Terlebih karena metode penularan virus corona ini adalah melalui droplet atau cipratan dari mulut dan hidung pasien terpapar.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Ia mengatakan, bahwa konfirmasi datangnya 10.000 APD tersebut langsung dari Kepala BNPB Doni Monardo.

“Saya kemarin dapat info dari Kepala Gugus Tugas Pusat Pak Doni yang juga Kepala BNPB, bahwa kemarin sudah dikirim 10.000 APD ke Jatim lewar jajaran TNI,” kata Khofifah.

Diangkut menggunakan transportasi darat, dijadwalkan memang hari ini angkutan yang membawa APD tersebut tiba di Jawa Timur. Rencananya begitu tiba APD tersebut akan didistribusikan dengan menggunakan kendaraan TNI.

“Proses distribusi APD akan dilakukan melalui kendaraan TNI. Dengan kondisi infrastruktur jalan tol yang sudah nyambung, maka harusnya hari ini sampai,” tegasnya.

APD yang didatangkan ini akan memberikan perlindungan diri para tenaga medis dari ujung kaki ke ujung kepala.

Untuk mana saja yang akan mendapatkan APD ini, dikatakan Khofifah, tentu tidak bisa dibagikan secara merata ke rumah sakit yang ada di Jawa Timur.

“Untuk distribusi APD ini pasti tidak merata karena ada rumah sakit yang ruang isolasinya lebih banyak seperti RSUD dr Soetomo. Jadi pendekatan distribusinya ya menggunakan pendekatan proporsional,” pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved