Pilkada 2020

Laksanakan Instruksi KPU RI, KPU Jatim Tunda Pelantikan Panitia Pemungutan Suara

KPU Jawa Timur menginstruksikan jajaran KPU di daerah untuk menunda pelaksanaan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Laksanakan Instruksi KPU RI, KPU Jatim Tunda Pelantikan Panitia Pemungutan Suara
surya.co.id/bobby kolloway
Ketua KPU Jatim periode 2019-2024, Choirul Anam 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menginstruksikan jajaran KPU di daerah untuk menunda pelaksanaan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Bagi daerah yang tetap melaksanakan pelantikan, KPU Jatim meminta masing-masing wilayah berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Menindaklanjuti keputusan KPU RI, untuk daerah kabupaten/kota yang tidak memungkinkan bisa ditunda dengan berkoordinasi bersama Bawaslu," kata Ketua KPU Jatim, Choirul Anam kepada SURYA.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (23/3/2020).

Sebelumnya, sesuai dengan tahapan di Peraturan KPU (PKPU), batas waktu pelantikan PPS seharusnya berlangsung pada Minggu (22/3/2020).

Menurut Anam, untuk beberapa daerah yang tetap melakukan pelantikan, dilakukan tersebar dengan tidak bersamaan di sebuah daerah.

"Untuk daerah yang masih bisa untuk meneruskan, memang dilanjutkan. Namun, kami meminta untuk tidak dilaksanakan secara massal. Tidak dikumpulkan di satu titik, namun bisa lima hingga dua puluh titik dalam sebuah kabupaten/kota," katanya.

Dengan catatan, yang melantik adalah Ketua KPU.

"Ketua KPU bisa mendelegasikan kepada anggotanya untuk disebarkan di beberapa titik," lanjut Anam yang juga mantan Komisioner Kota Surabaya ini.

Lantas, untuk daerah yang menunda pelaksanaan pelantikan, Anam belum dapat memastikan kapan pelantikan akan dilakukan.

"Ini tidak direncanakan, force majeur. Sehingga, bisa untuk penundaan sampai batas waktu yang belum ditentukan," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved