Berita Mojokerto

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ada Penyemprotan Disinfektan Massal di Kota Mojokerto

Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan di tempat paling ramai aktivitas masyarakat yakni di Jalan Benteng Pancasila.

surya.co.id/mohammad romadoni
Pemerintah Kota Mojokerto melakukan sterilisasi penyemprotan disinfektan, Senin (23/3/2020). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto melakukan sterilisasi penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh area publik dan jalan protokol sebagai upaya untuk mengantipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang telah merebak di Jawa Timur.

Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan di tempat paling ramai aktivitas masyarakat yakni di Jalan Benteng Pancasila.

Setidaknya, ada 10 unit mobil tangki yang digunakan untuk menyemprot di seluruh area kota.

Sejak dikeluarkannya Surat Edaran Wali Kota Mojokerto nomor 443.33/2857/417.302/2020, terkait penutupan area publik penyemprotan dilakukan diberbagai sudut kota sekaligus menerapkan SOP kesehatan pencegahan Covid-19.

"Saat ini, pasar modern, swalayan, mall dan perkantoran sudah menerapkan SOP kesehatan atau protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Senin (23/3/2020).

Ning Ita mengatakan mengenai pasar modern atau swalayan, pengunjung yang datang diharuskan mencuci tangan memakai sabun dan pengecekan suhu tubuh menggunakan Digital Temperature Thermometer Gun.

Pengunjung keluar dan masuk wajib memakai hand sanitizer yang sudah disediakan.

Katanya, semua ruangan di kantor OPD, sudah dilakukan penyemprotan disinfektan.
Termasuk juga di GMSC (Graha Mojokerto Service City) yang merupakan pusat pelayanan warga Kota Mojokerto, Jumat (20/3/2020).

"Penerapan SOP tersebut merupakan upaya kami dalam mencegah penyebaran Covid-19 kami mohon kerjasama dan bantuan dari masyarakat untuk bersama menerapkan SOP kesehatan dalam mencegah Covid-19," ungkapnya.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di area perkantoran dan juga menyemprot seluruh jalan protokol dan area publik mulai dari Alun alun, Taman Hutan Kota, Taman Benteng Pancasila dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) lainnya.

Penyemprotan di sepanjang jalan protokol dilakukan secara bertahap setiap harinya.

"Kami kerahkan semua mobil dari DLH, PMK dan PU untuk berkeliling menyemprotkan cairan disinfektan di jalan dan area publik," jelasnya.

Ditambahkannya, sosialisasi pencegahan penanganan Covid-19 juga dilakukan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) yang dikomandani Sekretaris Daerah Kota Harlistyati.

Satgas yang dibentuk sesuai kategori masing-masing, menyebar ke pelosok wilayah untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait Covid-19, agar warga tidak panik dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menanggulanginya.

"Setiap hari, Satgas ini memberikan pemahaman kepada warga. Waspada boleh, asal jangan panik," tandasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved