Pengamat Pendidikan

Berharap Pemerintah Mensupport Fasilitas dan Pelatihan agar Sistem Belajar Online Efektif

Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Surabaya memperpanjang masa pembelajaran siswa di rumah hingga 28 Maret 2020.

Berharap Pemerintah Mensupport Fasilitas dan Pelatihan agar Sistem Belajar Online Efektif
surya.co.id/zainel arif
Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd, Pengamat Pendidikan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Surabaya memperpanjang masa pembelajaran siswa di rumah hingga 28 Maret 2020.

Hal ini guna menghindari virus corona atau covid-19 yang tengah mewabah, apa dampak dari sistem pembelajaran online di mata pengamat?

Salah satu pengamat pendidikan di Surabaya, Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd. (68) menyebut keputusan menerapakan belajar online di rumah sangat tepat.

"Di situasi darurat seperti sekarang ini, belajar online ini sebagai alternatif baik bagi siswa maupun mahasiswa," kata pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Staf Ahli Mendikbud.

Meskipun beberapa sekolah masih belum siap dalam menjalankan kebijakan siswa belajar di rumah.

Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd. menerangkan sejatinya sistem pembelajaran online sebelumnya telah diterapkan pada perguruan tinggi di berbagai negara.

"Mungkin dengan adanya alternatif yang kita tetapkan meskipun dengan keterpaksaan, meskipun saat ini sekolah belum siap dan beradaptasi, nantinya lama-lama akan siap, ini hikmah tentunya dari situsi ini," kata pria yang juga sebagai guru besar bidang manajemen pendidikan di Universitas Negeri Surabaya tersebut.

"Namanya alternatif tidak dapat menggantikan pembelajaran langsung karena tidak seintens pembelajaran di dalam kelas, meski begitu ini harus dilakukan daripada tidak sama sekali," imbuhnya.

Meskipun guru dan murid merasa belum 100 persen menguasai penggunaan aplikasi, Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd., menilai hal tersebut karena belum terbiasa.

"Guru biasanya terkendala pada infrastruktur sedangkan murid fasilitas rumah yang belum mendukung, mereka hanya belum terbiasa saja," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved