Berita Pendidikan Surabaya

Reaksi Sekolah SMA di Surabaya terkait Diundurnya Pelaksanaan UNBK SMA/MA di Jatim

Pemprov Jatim akhirnya memperpanjang masa libur sekolah jenjang SMA sampai tanggal 5 April 2020 terkait pandemi virus corona.

surya.co.id/febrianto ramadani
Sejumlah siswa sedang melakukan pengecekan terhadap komputer sekolah yang akan digunakan sebagai UNBK pada Maret mendatang, Kamis siang (20/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Pemprov Jatim akhirnya memperpanjang masa libur sekolah jenjang SMA sampai tanggal 5 April 2020 terkait pandemi virus corona atau covid-19.

Hal itu berdampak pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA yang diundur menjadi 6 April 2020. 

Semula UNBK tersebut diselenggarakan pada tanggal 30 Maret 2020.

Terkait hal ini, Astajab selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mengaku pihaknya mendukung terkait putusan tersebut.

 "Saya kira itu langkah yang tepat untuk tindakan preventif wabah Corona yang saat ini telah meresahkan dan mengkhawatirkan seluruh masyarakat," kata dia saat dihubungi, Minggu (22/3/2020).

Ia menambahkan dengan diundurnya UN, momen tersebut bisa dimanfaatkan siswa dalam mempersiapkan diri dalam mengerjakan soal ujian.

"Saya kira dengan kondisi ini murid-murid makin lega jika UN diundur.  Oleh karena itu,  saya harap siswa lebih getol lagi belajar agar dapat menggarap soal-soal secara maksimal," imbuhnya.

Pendapat senada disampaikan Humas SMA Trimurti Iwan Yulianto.

Ia menuturkan, sebagai institusi yang bernanung di bawah dinas pendidikan mendukung instruksi tersebut.

"Kami yakin adanya keputusan ini, Dispendik memikirkan keselamatan peserta didik," pungkasnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memutuskan libur SMA dan sederajat di Jawa Timur diperpanjang hingga 5 April 2020 terkait covid-19.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya Minggu (22/3/2020).

Berdasarkan hasil putusan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim merespon dengan mengeluarkan surat nomor 420/1880/01/101.1/2020 perihal Tindak Lanjut Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Satuan Pendidikan.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved