Berita Pasuruan

Pemkab dan Poles Pasuruan Siap Berlakukan Tilang Elektronik (ETLE), Tahap Awal di Dua Titik ini

Pemkab Pasuruan melalui Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Pasuruan akan menerapkan sistem tilang elektronik.

surya.co.id/galih lintartika
TERTATA - Suasana ruangan Pasuruan Transport Center (PTC) di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkab Pasuruan melalui Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Pasuruan akan menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Rencananya untuk dua titik dulu yakni di Pandaan dan Bangil.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan Agus Hari Wibawa mengakui ada himbauan untuk menerapkan ETLE di masing - masing kabupaten atau kota di Jawa Timur. Bahkan, ia mengaku sudah studi banding.

"Kemarin kami sudah studi banding, kami juga sudah melihat langsung sistem pengoperasian dari pemberlakuan ETLE di Surabaya yang sudah diberlakukan," kata Kadishub Pasuruan, Minggu (22/3/2020) siang.

Dia menjelaskan, sejauh ini, dari hasil rapat koordinasi, Pemkab Pasuruan siap memberlakukan sistem ini.

Hasil  kajian ini sudah disampaikan ke Bupati Pasuruan.

"Kami sudah paparkan ke pak bupati, nanti tinggal Pak Bupati yang memutuskan diberlakukan mulai kapan. Apa tahun ini atau tahun depan. Intinya, kami siap jika diminta untuk memberlakukan ETLE di Pasuruan," tambah dia.

Menurut dia, secara sistem dan jaringan bisa dibicarakan dan diselesakan. Untuk masalah anggaran, kata dia, pihaknya bisa menyiapkan dan mengalokasikan, meskipun biayanya memang mahal.

"Kami siapkan. Kami sudah bicarakan. Kami menunggu keputusan dari pak Bupati saja," tambah dia.

Menurut dia, untuk perangkat pihaknya selama ini sudah memiliki Pasuruan Transport Center (PTC) yang sudah menjadi kontrol CCTV di Kabupaten Pasuruan yang sudah menunjang.

"Semisal memang nantinya akan diterapkan, kami tidak akan seberapa kesulitan. Kami siap, tinggal menunggu kebijakan dari pimpinan," urai dia.

Sedang Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Dwi Nugroho menjelaskan rencananya akan ada dua titik yang menerapkan sistem ETLE ini. Pandaan dan Bangil. Dua titik ini adalah lokasi yang kerap dilalui kendaraan.

"Pandaan menjadi kawasan tertib lalu lintas Kabupaten Pasuruan, dan Bangil juga menjadi kawasan yang ramai berlalu lintas. Kami siap dan kami sudah studi banding kemarin, intinya kami siap memberlakukannya," tambah dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved