Breaking News:

Pilkada Gresik

Antisipasi Virus Corona, Pelantikan PPS Pilkada Gresik 2020 Digelar Per Gelombang

prosesi pelantikan PPS Pilkada Gresik 2020 diubah dari konsep awal, dari sebelumnya dilakukan secara serentak, diganti menjadi per gelombang.

Penulis: Willy Abraham | Editor: irwan sy
Willy Abraham/TribunJatim.com
Pelantikan anggota PPS Pilkada Gresik 2020 di kantor Kecamatan Manyar, Minggu (22/3/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Di tengah merebahnya wabah virus corona atau covid-19 di Indonesia, tahapan Pilkada Gresik 2020 tetap berlangsung. Namun, prosesi pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) diubah dari konsep awal, dari sebelumnya dilakukan secara serentak, diganti menjadi per gelombang.

Di Kecamatan Manyar misalnya, ada sebanyak 23 desa yang mengikuti pelantikan. Para peserta datang secara bergilir. Dalam satu sesi pelantikan ada 4 gelombang pelantikan. Sedangkan dalam satu sesi pelantikan terdapat 21 orang. Mereka yang sudah selesai dilantik dipersilahkan untuk pulang. Diganti dengan peserta yang baru datang.

Jarak antara kursi pun sudah ditata agar berjauhan. Ini sudah rekomendasi tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik. Jarak peserta yang dilantik dengan lainnya satu meter.

Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaran Elvita Yuliati mengatakan, untuk melakukan pelantikan PPS ini pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan pihak Dinkes.

Para tim medis diperbantukan untuk memeriksa para anggota sebelum melangsungkan pelantikan.

"Di cek suhu dulu pakai thermal gun, kemudian pakai hand sanitizer. Ada tiga petugas medis stand by saat pelantikan berlangsung," kata dia.

Sekadar informasi, pelantikan PPS dilangsungkan di semua kecamatan di Kabupaten Gresik. Ada sekitar 990 orang yang mengikuti prosesi pelantikan. Mereka diambil sumpah untuk melaksanakan kewajiban sebagai penyelenggara pemilu ditingkatan desa.

“Saya berharap yang mengambil sumpah melaksanakan tugasnya sesuai undang-undang yang berlaku. Hal ini agar tugas fungsi KPU sebagai lembaga penyelenggara tetap indepent,” tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved