Pilwali Surabaya 2020

Machfud Arifin Dapat Penetapan Sementara dari Golkar, Gus Hans: Selamat Namun Saya Tetap Jalan Terus

Berdasarkan penjelasan Gus Hans, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tetap memerintahkannya untuk meneruskan proses pencalonan

SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Bakal Calon Wali Kota Surabaya dari Partai Golkar, HM Zahrul Azhar Asumta As'ad (Gus Hans). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Wali Kota dari Partai Golkar, HM Zahrul Azhar Asumta As'ad (Gus Hans) memberikan tanggapan soal penetapan sementara yang disampaikan partainya kepada calon lain, Machfud Arifin.

Gus Hans menegaskan, masih akan terus menyapa masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada Pak Machfud Arifin," kata Gus Hans kepada SURYA.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (21/3/2020).

Terbitnya surat tersebut, menurut Gus Hans tak membuat pihaknya menghentikan laju pencalonan.

Berdasarkan penjelasan Gus Hans, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tetap memerintahkannya untuk meneruskan proses pencalonan.

"Saya juga tetap (berkomunikasi melalui) WA (WhatsApp) dengan Ketua Umum. Beliau meminta kami untuk terus jalan. Prinsipnya, saya tetap ikuti skema dari partai untuk menuju hasil yang terbaik buat semua pihak," katanya.

Sekali pun Golkar memberikan Surat Penetapan Sementara kepada Machfud, peluang Gus Hans untuk running di Pilkada Surabaya 2020 belum lah tertutup. Sebab, Gus Hans yang juga Sekretaris Jenderal Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) ini masih berpeluang menjadi Calon Wakil Wali Kota mendampingi Machfud Arifin.

Menghadapi skema tersebut, Gus Hans memilih untuk terus menaikkan potensi keterpilihan.

"Langkah berikutnya, saya akan terus bergerak untuk meningkatkan elektabilitas. Sehingga, ketika saya betul-betul running akan memberikan benefit kepada siapa pun yang kelak akan bergandengan," katanya.

Lantas, apakah sejauh ini sudah berkomunikasi dengan Machfud Arifin? "Sejauh ini, saya diminta tetap berkoordinasi dengan Pak Sarmuji (Ketua DPD Golkar Jatim)," pungkasnya.

Untuk diketahui, Partai Golkar memberikan Surat Penetapan Sementara kepada Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Dengan adanya surat tersebut, arah dukungan Partai Golkar pun semakin dekat ke mantan Kapolda Jatim ini.

Golkar Resmi Usung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020

"Surat penetapan sementara kedudukannya berada di atas Surat Tugas. Surat tugas baru untuk komunikasi, sedangkan surat penetapan sementara telah mengarah lebih jauh," kata Ketua DPD Golkar Jatim, Sarmuji kepada SURYA.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (21/3/2020).

Meskipun telah mengeluarkan surat, Sarmuji menjelaskan bahwa bukan berarti pihaknya telah bulat mendukung Machfud. "Persentasenya (dukungan) belum bulat. Tapi, sudah sekitar 80 persen ke arah rekomendasi," kata Sarmuji menjelaskan.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved