Berita Mojokerto

RSUD Prof. Dr Soekandar Mojokerto Minta 100 VPM dan 500 APD ke Pemprov Jatim Untuk Tangani Corona

RSUD Prof. Dr Soekandar di Kabupaten Mojokerto mengusulkan Pengadaan 100 buah VTM (Virus Transport Media) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur

surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Kondisi ruangan isolasi pasien PDP Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr Soekandar, Mojosari, Kabupaten Mojokerto. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr Soekandar mengusulkan Pengadaan 100 buah VTM (Virus Transport Media) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait penangangan Covid-19 di Mojokerto.

Juru Bicara RSUD Prof Dr Soekandar, dr. Gigih Setijawan, Sp.P., MARS, menjelaskan pihaknya mendapat jatah empat buah VTM dari Provinsi Jatim yang diterima pada Kamis (19/3/2020) kemarin. Semua VTM tersebut sudah digunakan Swab PCR Covid-19 untuk empat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di ruangan isolasi RSUD Prof. Dr Soekandar Mojosari, Mojokerto.

"Kami mengusulkan 100 VTM ke Pemprov Jatim dengan perkiraan nanti jika dibutuhkan kita tidak bingung mencarinya lagi karena itu (VTM, Red) rebutan di seluruh rumah sakit rujukan di Jawa Timur," ungkapnya saat dikonfirmasi Surya, Jumat (20/3/2020).

Ia mengatakan, kendala penanganan Covid-19 tersebut adalah tidak tersedianya pakaian Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan yang digunakan petugas medis untuk merawat pasien PDP.

"Kami sudah mengajukan sebanyak 500 pakaian ADP kesehatan melalui Tim Pinere (Penyakit Infeksi Emerging dan Remerging) dan belum pasti kapan dan berapa direalisasikan," jelasnya.

Ditambahkannya, setidaknya ada 13 petugas medis yang menangani terkait Covid-19 di RSUD Prof. Dr Soekandar Mojosari. Di antaranya, dua dokter Dokter Spesialis Paru dan sisanya adalah perawat medis. Pihaknya akan melibatkan dokter di bidangnya jika ada penyakit lain yang menyertainya.

"Kendalanya cuma itu pakaian APD kesehatan dan alat VTM untuk Swab pasien PDP Covid-19," jelasnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved