Berita Tuban

Di Tuban, Kendaraan Umum Disemprot Disinfektan, Sopir dan Kernet Dicek Suhu Tubuhnya

Puluhan kendaraan umum disemprot cairan disinfektan di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub)

surya.co.id/m sudarsono
Petugas gabungan Dishub, Satlantas Polres Tuban, Dinas Kesehatan, dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Tuban, melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan umum, Jumat (20/3/2020) 

SURYA.co.id | TUBAN - Petugas gabungan melibatkan Dishub, Satlantas Polres Tuban, Dinas Kesehatan, dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Tuban, melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Puluhan kendaraan umum disemprot cairan disinfektan di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, Jumat (20/3/2020).

Rencana penyemprotan menggunakan cairan kimia itu terus dilakukan hingga akhir Maret 2020, sebagaimana menindaklanjuti surat edaran Bupati terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Ini menindaklanjuti surat dari Bupati terkait pencegahan penyebaran corona, maka kendaraan umum kita lakukan penyemprotan disinfektan," kata Kepala Dishub Tuban, Muji Slamet di lokasi.

Dijelaskannya, proses penyemprotan kendaraan umum itu mulai dari mobil penumpang umum (MPU), elf dan bus antar kabupaten hingga antar provinsi.

Bagian kendaraan yang disemprot disinfektan mulai dari gagang pintu, kursi dan bagian lain yang sering disentuh penumpang.

Bahkan, awak kendaraan baik sopir maupun kernet juga dicek suhu tubuhnya untuk memastikan tidak terjangkit virus mematikan tersebut.

"Giat ini serentak diadakan penyemprotan kendaraan bus, MPU, dan kendaraan umum lainnya. Sopir dan kernet juga dicek suhu tubuh," terangnya.

Mantan Camat Soko itu menambahkan, petugas juga memberikan sosialisasi tentang pencegahan Virus Corona kepada sopir atau kernet yang sedang melakukan uji KIR.

Termasuk mengusulkan pemberian hand sanitizer pada mobil angkutan penumpang.

Pihaknya juga akan melakukan penyemprotan kendaraan yang berada di area Cargo Semen Indonesia dan tempat parkir Sunan Bonang, sebagai bentuk upaya pencegahan virus Corona.

"Kita usulkan pengadaan hand sanitizer buat angkutan penumpang nantinya dipasang di dalam mobil. Mudah-mudahan Tuban bebas dari Covid-19," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved