Berita Lamongan

Tangkal Penyebaran Virus Corona, Dinkes Lamongan Lakukan Fogging Disinfektan di Sejumlah Fasum

Upaya Dunkes Lamongan menangkal penyebaran virus Corona lewat fogging disinfektan dengan sasaran sarana umum,  Kamis (19/3/2020).

surya.co.id/hanif manshuri
Upaya Dunkes Lamongan menangkal penyebaran virus Corona lewat fogging disinfektan dengan sasaran sarana umum,  Kamis (19/3/2020). 

SURYA.co.id lLAMONGAN - Beragam cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Jika selama ini istilah fogging dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab demam berd. 

Namun di Lamongan Jawa Timur kata fogging bisa digandakan pemanfaatannya. 

Hanya, fogging kali ini dilakukan bukan untuk membasmi nyamuk, namun  fogging disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, dan sasarannya adalah sejumlah fasilitas umum.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dr  Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan alat fogging dimana yang muncul bukan pengasapan tapi pengabutan.

"Kalau sasaran fogging adalah udara, maka kalau fogging disinfektan ini sasarannya adalah titik yang sering disentuh oleh orang seperti lantai, gagang pintu, meja dan bejana lainnya,  " kata Taufik Hidayat, Rabu (18/3/2020).

Kalau fogging biasanya bertujuan untuk membunuh nyamuk, lanjut Taufik, fogging disinfektan ini bertujuan untuk membunuh virus-virus yang sering disentuh oleh orang dengan menggunakan bahan-bahan disinfektan virus.

Pertimbangan  memakai alat fogging,  karena alatnya yang lebih mudah untuk dibawa, sehingga bisa menjangkau lebih banyak tempat dan meluas sasarannya.

Taufik menambahkan, sasaran fogging disinfektan ini adalah semua sarana fasilitas umum yang ada di Lamongan seperti kantor pemerintahan, pasar dan juga rumah ibadah.

Apa yang dilakukannya adalah sebagai upaya antisipasi lanjutan dimana ruang publik yang banyak terdapat aktivitas orang semestinya mendapat sterilisasi dari potensi paparan virus.

"Langkah ini sekaligus juga untuk membasmi nyamuk demam berdarah," katanya. 

Fogging desinfektan dilakukan semata ikhtiar dalam rangka menangkal penyebaran virus Corona, meski Lamongan sampai hari ini nihil temuan. 

Taufik yang juga Kadinkes Lamongan ini berharap masyarakat turut membantu mengkampanyekan hidup bersih dan sehat.

Hidup bersih harus dilakukan dengan program gerakan, sehingga mampu menghalau penyebaran virus Corona.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved