Berita Kediri

Perkara Bacabup Supadi Mulai Disidangkan di PN Kabupaten Kediri

Supadi berkilah jika SE yang ada di belakang namanya bukan merupakan gelar akademik tapi singkatan dari kepanjangan namanya Subiari Erlangga.

SURYA.co.id | KEDIRI - Perkara yang membelit Supadi, salah satu bakal calon bupati (Bacabup) Kediri mulai disidangkan di PN Kabupaten Kediri, Kamis (19/3/2020).

Sidang dipimpin Ketua majelis hakim Guntur Pambudi,SH dengan anggota Mellina Nawang Wulan,SH dan Fahmi Harry Nugroho,SH.

Bertindak sebagai jaksa penuntut umum (JPU) Tomy Marwanto,SH dan Moch Iskandar,SH. Sedangkan terdakwa Supadi didampingi penasehat hukumnya Prayogo Laksono,SH dan Rekan.

Agenda sidang pertama ini pembacaan dakwaan oleh JPU. Supadi didakwa melanggar pasal 93 jo pasal 28 ayat 7 Undang-undang Nomer 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Karena Supadi yang juga menjabat Kades Tarokan dalam sejumlah berkas surat-menyurat juga mencantumkan gelar Sarjana Ekonomi (SE) di belakang namanya.

Namun Supadi berkilah jika SE yang ada di belakang namanya bukan merupakan gelar akademik tapi singkatan dari kepanjangan namanya Subiari Erlangga. Perubahan nama itu telah ditetapkan PN Kabupaten Kediri.

Sementara Prayogo Laksono, penasehat hukum Supadi usai sidang telah mengambil sikap tidak mengajukan eksepsi serta ingin langsung pembuktian.

"Kami ingin segera membuktikan dakwaan jaksa penuntut umum akan kami imbangi dengan bukti dan saksi-saksi yang kita hadirkan di persidangan," jelasnya.

Sedangkan saksi yang akan dihadirkan akan melihat dahulu saksi yang akan dihadirkan oleh jaksa penuntut umum. "Kami akan mengatur strategi untuk saksi tidak bisa kami sebutkan sekarang," jelasnya.

Namun Prayogo mengakui salah satu saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan merupakan saksi ahli.

Sidang kasus Supadi bakal dilanjutkan lagi dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi pada Selasa (31/3/2020).

Sebelum kasus yang membelitnya, Supadi digadang-gadang bakal dicalonkan oleh koalisi sejumlah parpol.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved