Breaking News:

Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Muhammadiyah Jatim Imbau Jemaat yang Wilayahnya Terpapar Virus Corona Tak Gelar Salat Jumat

DPW Muhammadiyah Jatim mengatakan bagi warga Muhammadiyah untuk tidak menggelar salat Jumat di daerah yang terpapar virus corona

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: irwan sy
farid mukarom/surya
Sekretaris Wilayah Pimpinan Muhammadiyah Jawa timur Tamhid masyhudi saat diwawancara oleh tim surya.co.id pada Kamis (18/3/2020) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekretaris DPW Muhammadiyah Jatim, Tamhid Masyhudi, mengatakan bagi warga Muhammadiyah untuk tidak menggelar salat Jumat di daerah yang terpapar virus Corona, Kamis (19/3/2020).

"Apabila sudah ada instruksi dari pejabat yang berwenang bahwa daerah itu adalah zona merah, maka harus kami taati untuk tidak menggelar salat Jumat," kata Tamhid.

Namun, lanjutnya, jika suatu daerah belum terpapar virus Corona, maka yang berlaku hukum asal yakni salat Jumat.

"Kami taat dan patuh pada instruksi pemerintah," sambungnya.

Bagi daerah seperti Surabaya saat ini yang sudah ada beberapa yang terpapar maka diimbau untuk tidak melaksanakan salat Jumat.

"Meski ibadah itu tindakan yang mulia, apabila sudah ditetapkan oleh pihak yang berwenang daerah yang terlarang, maka kita harus ikuti imbauan itu, " ujarnya.

Tamhid menerangkan, menurut Majelis Takhjeh Muhammadiyah, bagi daerah yang tidak melaksanakan salat Jumat mengganti dengan solat dhuhur.

Tamhid mengajak masyarakat untuk bisa saling menjaga mencegah penyebaran virus Corona.

"Mari kita jaga diri kita, dan lingkungan kita," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved