Berita Jember

Jaksa Tangkap Mantan Kades di Jember yang 4 Tahun Buron terkait Kasus Korupsi

Jaksa Kejari Jember menangkap seorang terpidana kasus korupsi yang empat tahun terakhir masuk dalam daftar pencairan orang (DPO).

surya.co.id/sri wahyunik
Iwan Hendrik, mantan Kepala Desa Pecoro Kecamatan Rambipuji (kiri) saat digelandang ke Kejari Jember, Kamis (19/3/2020). 

Surya.co.id | JEMBER - Jaksa Kejari Jember menangkap  seorang terpidana kasus korupsi yang empat tahun terakhir masuk dalam daftar pencairan orang (DPO).

Penangkapan terhadap terpidana itu dilakukan, Kamis (19/3/2020), di rumahnya di Desa Pecoro Kecamatan Rambipuji.

Terpidana  itu Iwan Hendrik, mantan Kepala Desa Pecoro Kecamatan Rambipuji. 

Jaksa menyatakan Iwan masuk dalam DPO sejak tahun 2016.

Hal ini dikarenakan, dia tidak ada di rumahnya ketika jaksa hendak melakukan eksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) terhadapnya.

Kasus yang menjerat Iwan terjadi di tahun 2007. Ketika itu, dia masih menjabat sebagai Kepala Desa Pecoro.

Ketika itu, dia diduga tidak melaksanakan sejumlah kegiatan yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Kerugian negara dalam perkara itu sebesar Rp 100 juta.

Singkat cerita, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memvonis bersalah Iwan, dan menjatuhkan hukuman penjara 10 bulan terhadapnya, membayar denda Rp 50 juta, subsider 2 bulan kurungan, dan membayarkan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 62.200.000.

Iwan menyatakan banding terhadap vonis tersebut. Sampai akhirnya Pengadilan Tinggi Jawa Timur mengeluarkan vonis atas banding itu di tahun 2013.

Vonis majelis hakim PT adalah hukuman penjara 12 bulan atau satu tahun untuk Iwan, dengan jumlah denda dan uang pengganti yang sama.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved