Cara Membuat Desinfektan dengan Bahan Alami, Mudah & Hanya Butuh Waktu 10 Menit

Selain hand sanitizer, desinfektan juga menjadi benda yang ramai diburu masyarakat di tengah merebaknya virus corona. Berikut cara membuat desinfektan

Cara Membuat Desinfektan dengan Bahan Alami, Mudah & Hanya Butuh Waktu 10 Menit
Kolase SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Cara Membuat Desinfektan dengan Bahan Alami, Mudah & Hanya Butuh Waktu 10 Menit 

SURYA.co.id - Selain hand sanitizer, desinfektan juga menjadi benda yang ramai diburu masyarakat di tengah merebaknya virus corona.

Cairan desinfektan berguna untuk menghambat dan membunuh pertumbuhan mikroorganisme.

Dalam pengunaannya, desinfektan biasa disemprotkan di seluruh ruangan.

Namun kini keberadaan desinfektan juga susah dicari di pasaran lantaran banyaknya yang mencari cairan tersebut.

Lalu, apakah bisa membuat desinfektan sendiri di rumah?

Para petugas dilengkapi pakaian pelindung menyemprotkan cairan desinfektan di sebuah pasar di daerah Daegu, Korea Selatan, menyusul meluasnya wabah virus corona di negara itu, Minggu (23/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan.Foto Kanan : Pejalan kaki yang mengenakan masker di distrik perbelanjaan Dongseongro di kota tenggara Daegu pada 21 Februari 2020.
Para petugas dilengkapi pakaian pelindung menyemprotkan cairan desinfektan di sebuah pasar di daerah Daegu, Korea Selatan, menyusul meluasnya wabah virus corona di negara itu, Minggu (23/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan.Foto Kanan : Pejalan kaki yang mengenakan masker di distrik perbelanjaan Dongseongro di kota tenggara Daegu pada 21 Februari 2020. ((AFP/YONHAP/SOUTH KOREA OUT)(Jung Yeon-je / AFP).)

Tentu, Anda bisa membuat desinfektan sendiri menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Dilansir dari The Spruce, sebagian besar larutan disinfektan yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia sintetis yang memiliki bau tak sedap.

Bahkan ada pula yang bisa membahayakan kesehatan.

Akan tetapi, ada beberapa alternatif non-kimia yang sangat efektif yang dapat Anda coba yang menggunakan produk rumah tangga biasa. 

Bahan dasarnya dari cuka, dengan perbandingan cuka dan air 1:1.

Halaman
1234
Penulis: Arum Puspita
Editor: Musahadah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved