Pilkada Serentak 2020

Alasan Gerindra Jatim Seluruh Rekomendasi Pilkada Serentak Ditarget Terbit Pertengahan April 2020

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Soepriyatno didampingi Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad di Surabaya beberapa waktu lalu.

surya.co.id/bobby constantine
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Soepriyatno ketika didampingi Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad ketika berada di Surabaya beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Gerindra mulai memetakan rekomendasi di Pilkada 2020 mendatang.

Partai besutan Prabowo Subianto ini menargetkan seluruh rekomendasi akan terbit pada pertengahan April 2020. 

"Proses pilkada jalan terus. Kami menargetkan rekomendasi akan diberikan pada pertengahan April mendatang," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Soepriyatno ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (19/3/2020). 

Soepriyatno menegaskan bahwa proses seleksi calon kepala daerah yang dilakukan pihaknya berjalan simultan. Sejak membuka seleksi pada November tahun lalu, proses penjaringan berjalan hingga saat ini. 

Sehingga, Soepriyatno membantah bahwa proses penjaringan di partainya berjalan lambat. "Kami mempertimbangkan banyak hal," kata Soepriyatno yang juga Anggota DPR RI dari dapil Jatim ini. 

Pada dasarnya, Gerindra menargetkan dapat mengusung calon kepala daerah dari internal partainya. "Tentu, kami mengupayakan kader internal sendiri," kata Soepriyatno.  

Namun, diakui pihaknya hal tersebut tidak lah mudah. Apalagi, Gerindra tak memiliki cukup kursi untuk mengusung calon kepada daerah di beberapa daerah.  

"Sehingga, kami realistis. Dalam pembicaraan dengan koalisi, kami bawa nama kader, namun kami terbuka terhadap keputusan nanti," kata Soepriyatno.  

Pun demikian pula dengan rencana pembentukan koalisi. Soepriyatno menegaskan partainya siap berkoalisi dengan semua partai. Termasuk, dengan sejumlah partai yang menjadi rival di Pemilu 2019 lalu. 

"Sampai saat ini sudah ada beberapa daerah yang berkerjasama dengan PKB, PDI Perjuangan, dan beberapa partai lainnya. Bahkan, kami bisa berkoalisi dengan hampir semua partai dalam sebuah daerah," ungkapnya.  

Selain kader, beberapa hal lain yang menjadi pertimbangannya dalam menentukan pilihan adalah keterpilihan dan program pembangunan. Soepriyatno menegaskan bahwa calon yang ia usung wajib menang di masing-masing daerah. 

Belum jelasnya calon yang akan diusung tersebut membuat Gerindra masih memetakan target kemenangan.

"Target kemenangan belum berani menyampaikan. Sebab, calonnya juga belum ada," katanya. 

"Target harus realistis dan in sha Allah akan kami sampaikan pada pertengahan April, bersamaan dengan penyerahan rekomendasi nanti. Saat ini, masih ada pro dan kontra di beberapa daerah. Lebih baik, kami menyelami dulu," pungkasnya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved