Berita Lamongan

Tujuan Ratusan 150 Guru dan Ibu Rumah Tangga Pelaku UKM di Lamongan Diajari Teknik Membatik

Sebanyak 150 pelaku UKM, pembatik pemula hingga ibu rumah tangga hingga guru dilatih membatik di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Lamongan.

surya.co.id/hanif manshuri
Sebanyak 150 pelaku UKM, pembatik pemula hingga ibu rumah tangga hingga guru dilatih membatik di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Lamongan. 

SURYA.co. id l LAMONGAN - Sebanyak 150 pelaku UKM,  pembatik pemula hingga ibu rumah tangga hingga guru dilatih membatik di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lamongan, Rabu (18/3/2020).

Pelatihan hasil kerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) tersebut diajarkan bagaimana teknik dasar dalam membatik.

Teknik yang diajarkan sangat mendasar, mulai dari penggunaan warna. Karena peserta yang dilibatkan adalah para pemula. 

"Ikut pelatihan karena masih banyak kekurangan dan diarahkan untuk ramah lingkungan, termasuk warna juga diarahkan yang ramah lingkungan," kata Umbar Basuki, peserta asal Desa Daliwangun, Kecamatan Sugio, di sela mengikuti pelatihan, Rabu (18/3/2020).

Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan Disnaker bersama Bank BCA. 

"Membantu banget, " akunya. 

Sementara Praktisi Batik yang menjadi mentor dalam pelatihan tersebut, Mustar Sidiq mengatakan, materi yang diberikan memang dimulai dari yang paling dasar.

Jadi untuk teknis ini yang kita utamakan adalah menghaluskan. Mereka rata-rata bisa nyanting, tapi cantingannya asal saja.

"Teknik dasar membatik yang diajarkan diantaranya canting nol, canting nol satu, cara bikin keprukan atau titik-titik yang ditata hingga cara menata isen," katanya.

Membatik itu ada tekniknya, bukan hanya sekedar membatik kemudian jadi. Perlu ada pemahaman dasar. 

Peserta pelatihan teknik dasar membatik tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Lamongan, mulai dari Kecamatan Sugio, Modo, Kedungpring, Babat, Paciran, Sukorame, Kembangbahu, Tikung, Modo, Mantup Hingga Glagah.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved