Berita Mojokerto

BPCB Jatim Strerilisasi Seluruh Destinasi Wisata Cagar Budaya untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

BPCB Jatim melakukan Strerilisasi di Seluruh Destinasi Wisata Cagar Budaya guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

surya.co.id/mohammad romadoni
Sesorang staf BPCB Jatim membersihkan bagian cagar budaya dengan cairan anti bakteri di dalam Museum Trowulan untuk pencegahan penyebaran Virus Corona. 

MOJOKERTO, SURYA - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur akan melakukan strerilisasi dengan penyemprotan desinfektan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di seluruh situs cagar budaya di Kabupaten Mojokerto. 

Plt, Kasubag Tata Usaha BPCB Jatim, Kuswanto menjelaskan pihaknya melakukan pembersihan setelah penutupan seluruh destinasi wisata cagar budaya terkait pencegahan penyebaran Virus Corona yang sudah merebak di sejumlah kota di Jawa Timur pada Minggu (15/3/2020) kemarin. 

"Pembersihan berupaya penyemprotan anti bakteri sejenis desinfektan akan kita lakukan di cagar budaya Candi Brahu besok pagi," ujarnya saat dikonfirmasi Surya, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan sterilisasi pembersihan di seluruh kawasan Unit Pengelolaan Informasi Majapahit atau Museum Trowulan.

Sementara ini, pembersihan sudah dilakukan di Gapura Bajang Ratu dan sejumlah cagar budaya di sekitarnya.

"Pembersihan difokuskan pada bagian fasilitas umum di dalam area wisata cagar budaya yang seringkali disentuh wisatawan," jelasnya.

Katanya, pihaknya memakai cairan anti bakteri sejenis desinfektan khusus untuk membersihkan bagian benda cagar budaya.  

Pembersihan juga melibatkan tim Konservasi BPCB Jatim agar tidak merusak benda cagar budaya tersebut.

"Penyemprotan nanti hanya dibagian benda cagar budaya yang potensi sering dipegang pengunjung untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona," tandasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved