Breaking News:

News Analysis

Respons BijakCovid-19: Waspada 'Oke', Ketakutan 'Jangan'

Bersikap tenang dan tetap mencari edukasi dari sumber yang terpercaya. Jika sakit, segera periksa ke dokter dan pakai masker.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti | Editor: Parmin
surya.co.id/christine ayu nurchayanti
Riza Wahyuni, SPsi MSi, Psikolog klinis dan forensik LPP Geofira dan SATGAS PPA Jatim. 

MENYEBARNYA  Covid-19 harus direspons secara bijak. Wajar jika banyak orang merasa cemas.

"Kecemasan hal yang wajar, ketika misalnya masyarakat ingin punya hand sanitizer atau masker tapi tidak dapat. Apakah ini normal? Tentu normal," kata Riza Wahyuni, Psikolog Klinis dan Forensik LPP Geofira dan Satgas PPA Jatim kepada Surya.co.id.

Di samping menjaga kesehatan tubuh, penting pula menjaga kesehatan mental. Karena itu, Riza mengimbau warga untuk tidak ketakutan berlebihan.

"Waspada oke, tetapi jangan ketakutan. Harus bijak menyikapi kondisi ini. Mau ada corona atau tidak, harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Apalagi pada musim hujan seperti ini," ujar Riza.

Selanjutnya, bersikap tenang dan tetap mencari edukasi dari sumber yang terpercaya. Jika sakit, segera periksa ke dokter dan pakai masker.

"Lakukan aktivitas seperti biasa secara tenang dan enjoy. Jalani secara normal dengan tetap menjaga kesehatan tubuh. Keluar rumah, jangan lupa cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer," papar Riza.

Di tengah kondisi seperti ini, banyak informasi yang beredar. Tak jarang, malah memperkeruh keadaan.

"Baca, lihat, atau dengarkan media yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jangan mudah panik dengan informasi di grup," imbuhnya.

Melihat masyarakat Surabaya saat ini, ia tidak menemukan fenomena panic buying, melainkan hanya sekelompok oknum yang ingin meraup keuntungan.

"Yang disayangkan, ada sekelompok oknum yang ingin mendapat keuntungan dengan membeli, misalnya masker dan hand sanitizer dalam jumlah banyak dan menjual dengan harga tinggi," ungkap Riza.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved