Berita Jawa Timur

Merespon Virus Corona, ini Imbauan DMI Untuk Para Takmir Masjid

Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur (DMI Jatim) mengimbau kepada seluruh takmir masjid untuk lebih memperhatikan edaran DMI pusat. Apa saja?

ahmad zaimul haq/surya
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - Semakin mengkhawatirkannya persebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur (DMI Jatim) mengimbau kepada seluruh takmir masjid untuk lebih memperhatikan edaran DMI pusat.

Yang pertama, takmir masjid diharapkan menyemprotkan disinfektan ke sudut-sudut masjid jika memang keuangan masjid memungkinkan.

"Kita juga harus menjaga kebersihan, cuci tangan, kemudian kalau kita ke masjid membawa alas atau sajadah sendiri supaya saat kita sujud biar tidak langsung ke karpet," ucap Ketua DMI Jatim, Muhammad Roziqi, Selasa (17/3/2020).

Takmir masjid juga diharapkan menyediakan sabun di tempat wudhu ataupun hand sanitizer di sudut-sudut masjid.

"Salam-salaman setelah salat untuk sementara dihindari. Cukup menelungkupkan tangan. Walaupun perasaan kadang-kadang enggak enak. Tapi karena itu imbauan untuk keselamatan bersama semoga bisa melakukannya," lanjutnya.

Sambil berdoa, Roziqi juga menganjurkan jemaah membaca qunut nazila setiap masjid agar dihindarkan dari cobaan virus yang cepat sekali menyebar.

Sedangkan untuk para jemaah yang tidak enak badan, dan mengalami batuk-batuk Roziqi meganjurkan untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat.

"Harapan kita kan supaya masyarakat ini negatif semuanya. Para jemaah kalau merasa fisiknya ada kendala sakit, agak parah batuknya, sebaiknya segera ke rumah sakit atau di rumah saja," lanjutnya. 

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved