Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Antisipasi Corona, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan Lakukan Strerilisasi Selama 2 Pekan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat melakukan beberapa langkah antisipasi penyebaran virus corona.

Kuswanto Ferdian/TribunMadura.com
Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan, Kusairi saat membaca koran, Selasa (17/3/2020). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Pemkab Pamekasan Madura telah mengeluarkan surat edaran dalam rangka mengantispasi peredaran wabah virus Corona atau Covid-19, Senin (16/3/2020) kemarin. Menindaklanjuti surat edaran tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat melakukan beberapa langkah antisipasi penyebaran virus corona.

Beberapa langkah tersebut antara lain, melakukan sterilisasi ruangan perpustakaan, menyediakan perlengkapan cuci tangan, dan beberapa hal lainnya.

"Jam 7.00-13.00 WIB, staf perpustakaan melakukan sterilasi di beberapa ruangan perpustakaan. Kemudian, menyediakan perlekapan cuci tangan sebelum masuk ke perpustakaan dan melakukan sosialisasi kepada para pengunjung," kata Pustakawan DPK Pamekasan, Kusairi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/3/2020).

Baru pada jam 13.00 WIB, perpustakaan baru membuka layanan.

Itu kata dia hanya berlaku pada tanggal 16-17 Maret saja.

"Sementara, untuk tanggal 18 Maret sampai 1 April, perpustakaan ditutup," ujarnya.

Namun, kata Kusairi, masyarakat yang suka baca tidak perlu bingung kekurangan bahan bacaan, sebab pihaknya memiliki koleksi buku digital yang sudah ada sejak akhir 2018 lalu yang bisa didownload di Play store.

"Di mana, dari koleksi digital e-maos Pamekasan tersebut masyarakat bisa mengakses e-book untuk dibaca sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah," sarannya.

"Namun, pada koleksi digital e-maos Pamekasan tersebut memang tidak begitu banyak koleksinya," imbuhnya.

Karenanya, lanjut Kusairi, DPK juga menyiapkan koleksi buku bacaan berbasis online lainnya seperti, www.onesearch.id, www.ipusnas.id (milik perpusnas), kemudian belajar.kemendikbud.go.id (rumah belajar milik Kemendikbud).

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved