Berita Ekonomi Bisnis

Kiat Pengusaha Kafe dan Restoran Tingkatkan Revenue di Tengah Kunjungan Turun akibat Virus Corona

Tingkat kunjungan restoran dan kafe di Surabaya pada Jumat, Sabtu, Minggu pekan lalu tercatat mengalami penurunan sekitar 20-30 persen.

Istimewa
Ketua Apkrindo Jatim, Tjahjono Haryono saat memberi sambutan dalam sebuah kegiatan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tingkat kunjungan restoran dan kafe di Surabaya pada Jumat, Sabtu, Minggu pekan lalu tercatat mengalami penurunan sekitar 20-30 persen.

Hal itu diakui karena adanya isu virus Corona yang berimbas pada himbauan untuk lebih banyak berada di rumah dan mengurangi tempat umum.

Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restauran Indonesia (Apkrindo) Tjahjono Haryono, mengakui bila kunjungan ke kafe dan restoran mengalami penurunan di akhir pekan lalu, dibandingkan dengan akhir pekan biasanya.

"Memang turun. Tapi memang untuk antisipasi virus Corona ini, kami harus kreatif lagi dalam berbisnis agar ekonomi di sektor ini tetap berputar," ungkap Tjahjono, usai mengikuti pertemuan bersama Walikota Surabaya, Senin (16/3/2020).

Karena kunjungan ke kafe dan restoran diprediksi turun, apalagi adanya libur sekolah dan himbauan mengurangi kegiatan di tempat umum, Tjahjono telah mengeluarkan himabauan kepada para anggota, pengusaha kafe dan restoran di Jatim. Dalam himbauannya ada lima point utama.

"Pertama, semua tempat kafe dan restoran untuk menjaga area keluar masuknya dengan menyediakan hand sanitizer, baik depan, dapur dan semuanya," kata Tjahjono.

Kedua, dengan melakukan pembersihan yang lebih masif menggunakan desifektan, terutama di jam sebelum buka dan saat akan tutup.

"Saat belum ada pengunjung. Agar pengunjung tidak terganggu, karena ada kegiatan tersebut," jelas Tjahjono.

Ketiga, memaksimalkan hygenitas di dapur dengan menggunakan peralatan yang lebih.

Misalnya masker, sarung tangan dan yang terkait lainnya.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved