Berita Banyuwangi

Kebijakan Pemkab Banyuwangi di Bidang Kesehatan terkait Cegah Penyebaran Covid - 19

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi telah bertemu berbagai pemangku kepentingan terkait pencegahan penyebaran virus korona.

surya.co.id/haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kanan) saat berkunjung ke RSUD Blambangan. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi telah bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membahas pencegahan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Sejumlah kebijakan diputuskan, mulai dari sektor kesehatan, pariwisata, pelayanan publik, hingga pendidikan.

Di sektor kesehatan, seluruh elemen di Banyuwangi bersepakat menggelorakan perilaku hidup bersih dan sehat di semua lapisan masyarakat.

”Pencegahan virus dan bakteri memang yang utama adalah menjaga gaya hidup sehat. Mulai Polres, TNI, tokoh-tokoh agama, ormas, lembaga pendidikan, komunitas anak muda, dan sebagainya akan terus-terusan mempraktikkan gaya hidup sehat,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (16/3/2020).

Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi menyiapkan dan memobilisasi semua tenaga kesehatan serta sarana yang dibutuhkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

RSUD Blambangan juga telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan. RS tersebut mempunyai pengalaman menjadi RS rujukan ketika terjadi penyebaran SARS dan MERS beberapa tahun lalu.

”Selain di RSUD Blambangan, semua rumah sakit kami minta menyediakan ruang isolasi,” ujar Anas.

Anas juga mengajak masyarakat melakukan ”social distancing”, melakukan pembatasan interaksi sosial secara mandiri dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, kecuali sangat penting.

Termasuk harus mengubah kebiasaan keseharian seperti membatasi berjabat tangan dan berpelukan sebagai tanda persaudaraan yang biasanya dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono menambahkan, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan Call Center 112 sebagai pusat informasi.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved