Berita Mojokerto

Waspadai Penyakit Demam Berdarah Dengue, di Kabupaten Mojokerto Ada 49 Penderita DBD

Dilansir data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto tercatat untuk sementara ada 49 penderita DBD di awal tahun 2020.

surya.co.id/mohammad romadoni
Fogging dilakukan untuk memberantas penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah di Kabupaten Mojokerto 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Puluhan warga terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD) bersamaan musim penghujan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Dilansir data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto tercatat untuk sementara ada 49 penderita DBD di awal tahun 2020.

Angka penderita DBD tersebut cenderung turun jika dibandingkan bulan Januari sampai Maret di tahun 2019 yakni berjumlah 185 orang.

"Penyebaran DBD dibandingkan tahun 2019 di Kabupaten Mojokerto turun drastis sekitar 60 persen di tahun 2020," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Mojokerto, Eka Yuli Setyawan saat dikonfirmasi SURYA.co.id, Jumat (13/3/2020).

Eka mengatakan paling banyak wabah DBD ini berada di tiga wilayah yaitu pertama di Kecamatan Jetis, Kecamatan Pacet dan Kecamatan Dawarblandong.

Perlu diantisipasi penyebaran wabah DBD di Kecamatan Sooko, Kecamatan Trowulan, Kecamatan Bangsal, Kecamatan Pungging, Kecamatan Dlanggu, Kecamatan Kutorejo, Kecamatan Pesanggrahan, Kecamatan Gondang dan Kecamatan Jatirejo.

Katanya, wabah DBD ini muncul ditengarai karena intensitas curah hujan tinggi sehingga mengakibatkan genangan air di sejumlah tempat yang rawan menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti.

"Jentik Aedes Aegypti biasanya berada di genangan air jernih, misalnya pada genangan air yang berada di barang bekas dan lainnya," ungkapnya.

Masih kata Eka, masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan di 27 Puskemas yang tersebar di seluruh Kabupaten Mojokerto untuk melayani penderita DBD.

Jika pasien DBD yang dirawat di Puskesmas selama 3 hari belum menunjukkan progres kesembuhan maka pasien tersebut akan segera dirujuk ke sejumlah rumah sakit terdekat di wilayah Mojokerto.

Halaman
123
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved