Breaking News:

Citizen Reporter

Tiga Agenda Jumat yang Menyenangkan

Jumat menjadi hari istimewa bagi siswa SMP Islam Al Madinah Jombang. Mereka membersihkan lingkungan dan ditutup dengan makan bersama.

Tiga Agenda Jumat yang Menyenangkan
citizen reporter/Suci Aristanti
Siswa SMP Islam Al Madinah Jombang membersihkan lingkungan sekolah.

Kesehatan dan kebersihan lingkungan sangat mendukung dalam proses pembelajaran. Upaya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan itu yang diwujudkan dalam Senam Bersih-bersih Makan (SBM) yang dilakukan SMP Islam Al Madinah Jombang, Senin (17/2/2020).

Seluruh peserta didik mengenakan pakaian olahraga dan membawa bekal makanan. Kegiatan yang berlangsung empat jam itu mengajarkan peserta didik untuk cinta kesehatan dan kebersihan.

Reni Fenita Aprilianika, Waka Kesiswaan SMP Islam Al Madinah menjelaskan tiga rangkaian SBM. Senam menjadi olahraga yang mudah dilakukan banyak orang. Bersenam teratur dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh juga menjadikan jiwa dan pikiran menjadi segar.

Pemimpin senam dilakukan secara bergiliran mulai dari guru sampai perwakilan dari peserta didik. Semua peserta didik tampak antusias dan bergerak lincah mengikuti iringan musik.

Program bersih-bersih dilakukan setelah senam. Semua membersihkan lingkungan sekolah. Tiap anak dibagi dalam tugas. Ada yang membersihkan ruang kelas, ruang guru, halaman sekolah, sampai lingkungan masjid di dekat sekolah.

Usai bersenam dan membersihkan lingkungan, semua mencuci tangan. Mereka mengakhiri kegiatan dengan makan bersama. Anak-anak diminta membawa bekal dari rumah. Supaya menghindari sampah plastik yang berlebihan, mereka dilarang membawa bekal dengan bungkus bahan plastik. Menu yang dibawa untuk bekal juga memenuhi kriteria sehat dan halal.

Makan bersama merupakan akhir dari kegiatan SBM. Seluruh peserta didik duduk bersama dengan makan bekal makanan masing-masing.

Kegiatan SBM itu membawa dampak positif bagi warga sekolah. Lingkungan yang bersih dan nyaman memengaruhi pikiran menjadi positif. Kerja sama memberihkan lingkungan membuat semua orang merasa senang.

Abdul Mukhid, Kepala SMP Islam Al Madinah mengharapkan, kegiatan itu dapat berjalan lancar. Kegiatan itu dapat menjalin kedekatan emosional antara pendidik dan peserta didik saat mereka berkegiatan bersama.

Suci Aristanti
Guru SMP Islam Al Madinah Jombang
suciaristanti27@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved