Citizen Reporter

Membangun Karakter Kuat dari Kolom Bahagia Mahasiswa Universitas Airlangga

Mahasiswa Universitas Airlangga mendampingi anak-anak di Taman Baca Masyarakat Gubeng Klingsingan belajar dan bermain untuk membentuk karakter anak.

Membangun Karakter Kuat dari Kolom Bahagia Mahasiswa Universitas Airlangga
citizen reporter/Lailatul Fitriani
Mahasiswa Universitas Airlangga anggota Kolom Bahagia mendampingi anak-anak di Taman Baca Masyarakat Gubeng Klingsingan.

Komunitas Kolom Bahagia bersama sejumlah mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) mengajak anak-anak di Taman Baca Masyarakat (TBM) Gubeng Klingsingan Surabaya untuk belajar sambil bermain. Kegiatan yang mereka lakukan merupakan project ketiga komunitas Kolom Bahagia di bidang pendidikan. Kegiatan itu berlangsung pada Jumat-Sabtu (6-7/3/2020) dengan tajuk Sekolah Angkasa.

Annisa Fitriani, co-founder komunitas Kolom Bahagia menyebut kegiatan itu sebagai pengabdian kepada masyarakat sekaligus pendidikan karakter anak. "Kami ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan fokus kegiatan sebagai pembentukan dan pengembangan karakter anak selain sebagai luapan sarana pengabdian juga," tutur mahasiswa Ilmu Politik Unair itu.

Ia menyebut ada tiga tema besar yang diajarkan, yaitu kepemimpinan, lingkungan, dan toleransi. Masing-masing bagian memberikan pembelajaran tersendiri, mulai dari mengajarkan keberagaman, membentuk jiwa kepemimpinan dan optimisme meraih cita-cita, serta menumbuhkan kepedulian pada lingkungan.

Kegiatan itu melibatkan sukarelawan pengajar yang sebagian besar mahasiswa Unair. Jihan Nuri, salah seorang sukarelawan mengaku senang melihat respons gembira anak-anak dengan metode fun learning yang dibawakan sukarelawan pengajar.

"Seru, ya. Hari pertama di sekolah kepemimpinan, kami membuat pohon cita-cita. Ada yang berkreasi menghias tempat sampah organik dan nonorganik. Setelah itu, kami bernyanyi bersama lagu-lagu daerah dan nasional, berjoget, senam, dan banyak permainan edukatif juga," jelas mahasiswa FISIP Unair itu.

Sebagai founder komunitas Kolom Bahagia, Marsya Marti berharap melalui kegiatan itu dapat meningkatkan semangat anak-anak dalam belajar, bersosialisasi, dan menebarkan kebaikan pada sekitar. Mereka juga berharap ada peningkatan rasa simpati dan empati generasi muda terhadap kondisi masyarakat sekitar.

“Kegiatan itu juga bisa menjadi acuan untuk turut membagikan ilmu yang telah didapat," tuturnya.

Kolom Bahagia merupakan komunitas yang baru dirintis oleh mahasiswa Unair Surabaya dengan tujuan menebarkan kebahagian pada sesama. Project pertama mereka Bahagia Berbagi yang dilakukan bersama anak-anak penderita kanker di Surabaya. Project kedua, yaitu Bahagia Lingkungan dengan melakukan kegiatan bersih-bersih pantai.

Lailatul Fitriani
Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Airlangga
Kontributor Unair News
lfitriani047@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved